Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisWisatawan Mulai Berdatangan, Jalan Menuju Astana Gede Kawali Ciamis Macet

Wisatawan Mulai Berdatangan, Jalan Menuju Astana Gede Kawali Ciamis Macet

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tingginya animo masyarakat setempat dan wisatawan domestik yang ingin menyaksikan acara pagelaran seni budaya Nyiar Lumar, akses jalan menuju Situs Astana Gede di Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejak Jum’at (27/07/2018) siang macet.

Juru peliharan Situs Astana Gede, Edi, mengatakan, sejak pagi hingga malam hari ini, warga setempat dan wisatawan domestik sudah banyak yang datang. Mereka pada umumnya ingin menyaksikan latihan berbagai seni yang akan dipertunjukkan pada acara Nyiar Lumar, hari Sabtu 28 Juli 2018.

“Akibat banyaknya masyarakat dan wisatawan domestik, jalan menuju Situs Astana Gede sempat macet dipadati para pejalan kaki dan pengendara roda dua,” kata Edi, saat ditemui HR Online.

Sementara itu, Dadang, warga asal Desa Panjalu, Kabupaten Ciamis, mengaku dirinya sengaja datang lebih awal karena ingin mengetahui persiapan sebelum acara digelar. Karena, acara Nyiar Lumar tahun ini dipastikan bakal meriah dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

“Hal itu terlihat dari banyaknya wisatawan domestik yang sudah hadir di lokasi. Bahkan, kemacetan terjadi mulai dari jam 1 siang tadi. Hingga saat ini para pengunjung terus berdatangan, sehingga jalan menuju Astana Gede macet. Tapi pihak panitia sigap, sehingga kemacetan bisa diatasi,” kata Dadang. (Dji/R3/HR-Online)