30 Calon Pengantin di Pangandaran Ikuti Tes HIV

Salah satu calon pengantin saat dites HIV oleh petugas. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 30 calon pengantin di Kecamatan Mangunjaya dan Kecamatan Padaherang mengikuti bimbingan perkawinan pra nikah yang digelar Kemenag Pangandaran bekerjasama dengan Yayasan Matahati Jawa Barat di Islamic Center Mangunjaya, Rabu (15/08/2018). Selain bimbinan nikah, mereka juga melakukan pengecekan HIV/AIDS sebelum melangsungkan pernikahan.

Kepala Kantor Kemenag Pangandaran, Cece Hidayat, mengatakan, Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu daerah yang tingkat perceraiannya cukup tinggi. Hal tersebut dilatarbelakangi kurang persiapan dalam segala sebelum melangsungkan pernikahan.

“Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kami untuk berupaya agar angka perceraian itu bisa menurun. Salah satu ikhtiarnya dengan cara seperti ini,” katanya kepada HR Online.

Cece berharap, para calon pengantin setelah mengikuti bimbingan tersebut nantinya bisa membangun keluarga yang kokoh dan harmonis. Untuk mencapai itu, Cece menilai dengan peningkatan kualitas SDM sangat diperlukan.

“Melalui rumah tangga yang baik, maka akan bisa mengantarkan Negara yang baik pula. Maka dengan hal-hal seperti ini sangat penting peranannya,” pungkas Cece.

Sementara itu, Koordinator Yayasan Matahati wilayah Pangandaran, Agus Abdullah, mengtakan, dalam kesempatan tersebut para calon pengantin mengikuti pengecekan HIV/AIDS  sebagai langkah pencegahan serta deteksi dini bagi pasangan yang akan menikah. Jika dalam pengecekan tersebut terdapat pasangan yang ditemukan HIV/AIDS, maka bisa dilakukan upaya pencegahan lebih dini.

“Kalau sampai ditemukannya saat sudah hamil. Nah untuk program ini namanya PMTCT. Ke depan, kita akan terus melakukan sosialisasi untuk pendeteksian ini bagi para calon pengantin yang hendak menikah,” ujarnya. (Mad/R6/HR-Online)