Akibat Korsleting Listrik, Rumah di Pangandaran Ludes Terbakar Hingga Rata dengan Tanah

Rumah milik Danu, warga Dusun Cikiray RT 01/RW 05 Desa Cisarua, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Rabu (22/08/2018) sekitar pukul 12.30 WIB. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah milik Danu, warga Dusun Cikiray RT 01/RW 05 Desa Cisarua, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Rabu (22/08/2018) sekitar pukul 12.30 WIB. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Hanya korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Menurut Dedi Kusmana, warga setempat yang juga saksi mata, saat terjadi kebakaran rumah dalam keadaan kosong. Pemilik rumah sedang pergi ke rumah orangtuanya yang sedang menyiapkan acara hajatan.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran dari korsleting listrik. Saat terjadi kebakaran, api dengan cepat membakar seluruh bangunan. Api sulit dipadamkan akibat kencangnya angin dan jauh dari sumber air. Akibatnya, rumah ludes dilalap api hingga rata dengan tanah,” terangnya.

Akibat kebakaran, korban mengalami kerugian hingga Rp. 60 juta. Selain itu, tak ada satupun alat rumah tangga milik korban yang bisa diselamatkan. “Kejadian kebakaran di Kecamatan Langkaplancar sudah kesekian kalinya. Masyarakat harus berhati-hati dan harus bisa mencegah terjadinya kebakaran, apalagi saat ini musim kemarau,” ujarnya.

Dedi pun meminta Pemkab Pangandaran agar menyimpan mobil pemadam kebakaran di wilayah Langkaplancar. Karena setiap kali terjadi kebakaran di Langkaplancar, kerap kali tak tertolong, akibat mobil damkar telat datang ke lokasi. “Mobil damkar yang didatangkan dari Parigi selalu datang terlambat ke lokasi kebakaran. Makanya, perlu disiapkan satu mobil damkar yang disimpan di Kecamatan Langkaplancar,” pungkasnya.(Aceng/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA