Akibat Pembakaran Sampah, Lahan Dekat Taman Pesona Pangandaran Terbakar

Petugas saat melakukan pemadaman. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Areal lahan di samping Taman Pesona Pangandaran yang tepatnya di Dusun Karangsalam, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran mengalami kebakaran sekitar pukul 12.30 WIB, Kamis (16/08/2018).

Mendengar laporan adanya kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran langsung menerjunkan 1 unit mobil Damkar untuk memadamkan api serta melakukan pendinginan.

Dedi, saksi mata, mengatakan, sumber kebarakan tersebut berasal dari pembakaran sampah yang dilakukan warga. Akibat tiupan angin yang begitu kencang, serta kondisi rumput kering yang mudah terbakar membuat kebakaran pun tak bisa dihindarkan.

“Kebakaran ini setidaknya melalap lahan seluas 300 meter persegi dan tidak menimbulkan korban jiwa. Alhamdulillah juga Damkar datang untuk melakukan pemadaman dan pendinginan lahan yang terbakar,” katanya kepada HR Online.

Dedi menambahkan, guna menghindari kejadian serupa, ia mengajak masyarakat pada musim kemarau ini untuk tetap waspada dan hati-hati dalam membakar sampah, apalagi dengan volume besar.

“Jadi pada saat membakar sampah harus benar-benar dipantau, jangan sampai ketika ditinggalkan dalam keadaan menyala. Sebab, kejadian seperti ini kerap terjadi ketika kita lalai,” pungkasnya. (Ceng/R6/HR-Online)