Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita CiamisAksi Solidaritas Gempa NTB Terus Mengalir dari Ciamis

Aksi Solidaritas Gempa NTB Terus Mengalir dari Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Aksi solidaritas untuk korban musibah gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter yang melanda wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat, terus mengalir dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Aksi solidaritas tersebut dilakukan mulai dari kalangan masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, organisasi pemuda dan masyarakat, LSM serta ASN.

Koordinator Penggalangan Dana HMI Cabang Ciamis, Hernawan, ketika ditemui Koran HR, Minggu (12/08/2018), mengatakan, bahwa aksi solidaritas yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk implementasi dari nilai-nilai kemanusiaan.

“Ini adalah bentuk kepedulian sosial kami. Mudah-mudahan ini bisa mengurangi beban saudara kita di NTB yang dilanda musibah,” katanya.

Hernawan menuturkan, aksi solidaritas berupa penggalangan dana dilakukan HMI Cabang Ciamis dilakukan di beberapa titik di wilayah Ciamis. Aksi tersebut merupakan intruksi dari PB HMI. Hasil penggalangan dana akan dikordinir oleh PB HMI, kemudian diserahkan langsung kepada korban.

Senada dengan itu, Ketua Umum HMI Cabang Ciamis, Hendriawan Firmansyah, ketika ditemui Koran HR, Minggu (12/08/2018), menjelaskan, selain instruksi dari PB HMI, pihaknya merasa terpanggil untuk menggelar aksi solidaritas.

“Kami tersentuh untuk ikut bergerak dalam bentuk aksi solidaritas kemanusiaan,” katanya.

Hendri mengaku mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis bergotong-royong dan ikut berpartisipasi, menyisihkan sebagian harta, untuk membantu korban bencana gempa di Lombok NTB.

Di tempat terpisah, Ketua PMII Cabang Ciamis, Ropik Muhsin, beberapa waktu lalu, mengatakan, aksi solidaritas kemanusiaan dan penggalangan dana yang dilakukan PMII diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Instruksi PB PMII ini dilaksanakan secara menyeluruh di semua tingkatan organisasi se Indonesia,” katanya.

Ropik menegaskan, pihaknya sangat respon terhadap musibah yang terjadi di NTB. Selain itu, respon tersebut juga sekaligus bentuk implementasi dari nilai dasar pergerakan (NDP) PMII, yaitu habluminannas.

“Implementasinya yaitu harus tanggap terhadap hal yang bersifat kemanusiaan. Karena bagi kami, mereka yang tertimpa bencana tidak cukup hanya di do’a kan, tapi juga sangat membutuhkan materi,” katanya.

Sementara itu, Deri Chandra (17), siswa SMA Plus Informatika Ciamis, ketika ditemui Koran HR, mengungkapkan, semua siswa di sekolahnya menggelar kegiatan doa bersama dan penggalangan dana untuk korban gempa di NTB.

“Kami mendoakan korban agar diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan. Kedepan harus lebih waspada, bukan hanya di Lombok, bencana bisa datang kapan saja dan diamana saja, termasuk di Ciamis,” katanya. (Heri/Koran-HR) 

- Advertisment -