Atasi Gangguan Kamtibmas, Polresta Banjar Bentuk “Tim Siluman”

Tim Siluman (Sigap, Luwes, Mantap) Polresta Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Polresta Banjar membentuk tim khusus bernama Tim Siluman yang khusus menangani aksi kejahatan jalanan dan aksi kriminal lainnya. Nama Siluman sendiri diambil dari singkatan Sigap, Luwes, Mantap.

Tim ini dibentuk oleh Kapolresta Banjar, AKBP. Matrius, dengan jumlah anggota sebanyak 25 orang, terdiri dari Unit Sabhara, Satlantas, Satreskrim, dan Intel. Sebelum dibentuk, 25 anggota yang tergabung dalam Tim Siluman ini dilatih cukup keras dan disiplin oleh para pimpinan. Latihan yang diberikan meliputi latihan fisik dan menembak taktis selama dua minggu.

Meski baru dibentuk pada 3 Agustus 2018, namun Tim Siluman telah mampu menunjukkan kinerjanya, yakni melakukan penggerebekan terhadap tiga orang remaja yang tengah melakukan pesta narkoba jenis tembakau Gorila, di sebuah kos-kosan di Jalan Dewi Sartika, Lingkungan Parunglesang, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jum’at (03/08/2018) malam, sekitar pukul 21.30 WIB.

Kapolresta Banjar, AKBP. Matrius, mengatakan, Tim Siluman yang dipimpin oleh Ipda. Muhyanto, selaku Ketua Tim (Katim), memiliki fungsi sebagai penggebrak dalam mengatasi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), serta aksi kejahatan jalanan seperti perampasan kendaraan, jambret, dan lain-lain.

“Dibentuknya Tim Siluman ini adalah untuk mencegah ulah aksi gerombolan motor atau kejahatan jalanan yang sangat meresahkan masyarakat. Selain mencegah kejahatan jalanan, tim ini juga difungsikan untuk memburu pelaku curanmor, curas, dan gangguan kamtibmas lainnya,” jelasnya.

Bahkan, Kapolresta Banjar memerintahkan kepada Tim Siluman untuk melakukan tembak di tempat terhadap pelaku kejahatan jalanan yang melawan saat akan ditangkap. Selain berpatroli dan memburu pelaku kejahatan, Tim Siluman juga ditugaskan untuk melakukan penggalian informasi yang beredar di masyarakat.

“Alhamdulillah, selama ini di Banjar selalu kondusif. Jika pun ada pelaku kejahatan jalanan dan membahayakan nyawa orang, saya intruksikan tembak di tempat. Tim Siluman pun kami fungsikan untuk menggali informasi yang beredar di masyarakat,” jelas AKBP. Matrius.

Sementara itu, Katim Siluman Polresta Banjar, Ipda. Muhyanto, menegaskan, bahwa timnya siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Banjar, dan akan selalu melakukan patroli ke daerah-daerah rawan kejahatan. Hal ini dilakukan untuk preventif.

Di tempat terpisah, Jaka Sulaeman, salah seorang warga Kelurahan/Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, mengatakan, dirinya sebagai warga Kota Banjar sangat mendukung dengan langkah Polresta Banjar yang membentuk sebuah tim khusus guna menangani gangguan kamtibmas di masyarakat.

“Sebagai warga Banjar tentu saya sangat mendukung langkah Polresta Banjar itu. Dengan terbentuknya tim khusus ini semoga dapat meminimalisir angka kejahatan di Kota Banjar,” harapnya.

Maraknya aksi kejahatan jalanan di berbagai wilayah yang kerap dilakukan oleh sejumlah kelompok oknum remaja tanggung menggunakan sepeda motor, membuat pihak kepolisian di berbagai daerah terus berupaya meningkatkan keamanan dan kewaspadaan. Pasalnya, keberadaan mereka kerap meresahkan masyarakat, terutama pada malam hari.

Dalam mengatasi hal ini, di wilayah hukum Polda Jawa Barat, sebelumnya sudah ada dua kepolisian yang membentuk tim khusus untuk meredam dan mengatasi aksi kejahatan jalanan, serta para pelaku kriminalitas lainnya. Kepolisian tersebut yakni Polresta Depok (Tim Jaguar), dan Polrestabes Bandung (Tim Prabu). Sekarang ditambah lagi Tim Siluman yang baru dibentuk oleh Polresta Banjar. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA