Awas! Bahaya Mengintai jika Kamu Sering Dengarkan Musik Pakai Headphone

Bahaya Mengintai Jika Kamu Sering Mendengarkan Musik Pakai Headphone. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Headphone menjadi salah satu teknologi favorit yang kerap dipakai, khususnya oleh kalangan remaja untuk mendengarkan musik. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada bahaya yang mengintai bila terlalu sering menggunakan headphone.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah 7 efek berbahaya terlalu sering menggunakan headphone;

Kehilangan pendengaran

Rata-rata headphone memaparkan gelombang suara desibel tinggi yang bisa menimbulkan kerusakan serius pada telinga. Kalau kamu mendengarkan musik dengan volume tinggi yang setara, bahkan lebih tinggi dari 90 desibel, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada telinga kamu, lebih parahnya lagi gangguan pendengaran permanen. Jadi, pertahankan volume pada tingkat sedang saja.

Saluran udara padat

Headphone berkualitas tinggi biasanya mengharuskan kamu untuk menempatkannya pada liang telinga yang sangat dekat dengan gendang telinga. Memakai headphone selama berjam-jam sama halnya kamu membatasi aliran udara di saluran udara, sehingga akan lebih rentan terjadinya infeksi telinga.

Infeksi telinga

Untuk menghindari terjadinya infeksi telinga, kamu jangan meminjamkan headphone kepada siapapun. Karena, meminjamkan headphone bisa menyebabkan infeksi yang tidak diinginkan. Kalaupun kamu memutuskan untuk meminjamkan headphone, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum kamu menggunakannya kembali.

Telinga sakit

Pemakaian headphone yang lama dengan volume yang sangat tinggi bisa mengakibatkan sakit telinga. Mungkin kamu akan mengalami rasa sakit yang hebat tak hanya di satu bagian telinga saja, namun juga di bagian yang bersebelahan.

Telingan mati rasa

Pemakaian headphone untuk mendengarkan musik selama berjam-jam juga dapat menyebabkan telinga mati rasa. Akibatnya kamu bisa kehilangan pendengaran untuk sementara. Tapi, bila kamu mengabaikan tanda-tanda tersebut, bukan tidak mungkin dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Merugikan otak

Headphone menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengakibatkan kerusakan parah pada otak dalam jangka panjang, lantaran bagian dalam telinga terhubung langsung ke otak. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan serius pada otak.

Ancaman eksternal

Pemakaian headphone secara berlebihan juga bisa menimbulkan ancaman serius terhadap hidup kamu. Karena, jika kamu terlalu terbawa saat mendengarkan musik, hubungan dengan dunia lain bisa terputus, dan kamu pun mungkin harus menghadapi konsekuensi yang berat.

Konsekuensinya bervariasi, mulai dari kerugian kecil sampai kerugian yang sangat besar. Ketika kamu sedang berada di luar atau sedang jalan-jalan, sebaiknya hindari penggunaan headphone. (Eva/R3/HR-Online)