Beberapa Penyakit Ini Bisa Menular dari Keramaian Car Free Day

Aktivitas saat car free day. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Berada di tengah keramaian, seperti halnya saat melakukan aktivitas di car free day bisa membuat Anda lebih berisiko tertular beberapa penyakit.

Car free day atau hari tanpa kendaraan bermotor yang dilaksanakan setiap akhir pekan sudah menjadi sarana umum bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas, baik berolahraga, berdagang, bermusik, dan kegiatan lainnya, atau hanya duduk-duduk saja di pinggir jalan untuk menikmati suasana.

Melakukan aktivitas di car free day memang dapat dijadikan salah satu cara untuk melepas penat sekaligus memperoleh tubuh yang lebih sehat. Namun, Anda juga harus tetap mewaspadai agar tidak tertular beberapa penyakit saat berada di tengah keramaian.

Dikutip dari laman klikDokter, Minggu (05/08/218), beberapa penyakit menular tersebut meliputi;

Influenza

Penyakit saluran pernapasan seperti influenza atau flu ini disebabkan oleh virus. Organisme berbahaya ini bisa menyerang hidung, tenggorok, hingga paru. Gejala umum yang timbul akibat influenza adalah demam, pilek, batuk, dan nyeri tenggorok. Penyakit ini menular melalui percikan liur yang diembuskan ke udara saat bersin, batuk, maupun berbicara.

Demam tifoid

Demam tifoid atau penyakit tifus disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Gejala umum yang muncul diantaranya sakit kepala, demam tinggi, nyeri perut, dan konstipasi (sembelit) atau diare.

Biasanya penyakit ini menular saat seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri salmonella. Benda atau tangan yang terkontaminasi bisa menjadi media bakteri salmonella untuk masuk ke dalam mulut.

Campak

Penyakit campak disebabkan oleh infeksi virus Paramyxovirus. Gejala yang muncul berupa demam, hidung berair, batuk kering, radang konjungtiva (konjungtivitis), bercak-bercak merah di kulit dan bercak putih di dalam mulut.

Penyakit campak sangat gampang ditularkan melalui percikan air liur saat batuk, bersin, atau ketika berbicara. Droplet bisa hinggap pada suatu benda dan akan bertahan selama beberapa jam sebelum akhirnya hinggap di mulut, hidung, atau mata seseorang.

Hepatitis A

Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus hepatitis A yang menyerang organ liver. Penderita hepatitis A akan mengalami reaksi peradangan, sehingga fungsi organ liver otomatis akan mengalami gangguan.

Gejala umum yang timbul meliputi mual atau muntah tiba-tiba, lemas, nyeri perut terutama di bagian kanan atas, demam ringan, kurang nafsu makan, nyeri sendi, urine berwarna gelap, dan kulit berwarna kuning.

Cacar air

Penyakit cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella zostar. Gejala khas yang timbul dari penyakit ini berupa bercak merah berair yang terasa gatal. Sedangkan, gejala lainnya demam, sakit kepala, kurang nafsu makan, serta perasaan lemas.

Penyakit ini sangat menular dan penularannya sangat cepat, yakni melalui kontak langsung dengan bercak merah penderita atau percikan liur saat batuk maupun bersin. Saat car free day, kualitas udara tidak terkontrol serta kondisi yang begitu ramai bisa menjadi risiko Anda tertular penyakit ini.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menular ketika Anda tengah berada di keramaian car free day. Meski demikian, namun Anda tidak perlu takut akan terserang penyakit-penyakit tersebut asalkan selalu menjaga kebersihan tangan dan tubuh, mengkonsumsi makanan sehat dan bersih, olahraga secara rutin, serta istirahat yang cukup.

Jika ingin lebih terlindung lagi, Anda harus menggunakan masker ketika beraktivitas di tengah keramaian car free day. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA