Benarkan Pakai Masker Bisa Mencegah Tertular Flu & Batuk?

Masker penutup wajah. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Benarkah memakai masker penutup wajah bisa membantu mencegah tertular penyakit flu dan batuk saat berada di tempat umum?

Masker penutup wajah kerap digunakan banyak orang di tempat umum atau kendaraan umum. Selain mencegah tertular penyakit flu dan batuk, alasan menggunaan masker juga untuk menghindari debu, bakteri serta virus yang mengintai.

Dikutip dari laman Health Line, Jum’at (10/08/2018), seseorang yang sedang terserang flu dan juga batuk dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air hangat dan sabun, serta diam sementara waktu di rumah supaya virusnya tidak menyebar.

Tetapi, bila harus bepergian ke luar rumah maka disarankan menggunakan masker untuk membantu mencegah tertular virus flu dan batuk. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Infectious Diseases tahun 2008 lalu menyimpulkan, jika digunakan dengan benar, masker akan sangat efektif mencegah penyebaran virus.

Hasil studi lainnya yang diterbitkan Annals of Internal Medicine, meneliti terhadap 400 orang yang terserang flu, dan menemukan penurunan risiko hingga 70 persen pada keluarganya tertular virus tersebut jika rajin mencuci tangan dengan air hangat dan sabun, serta memakai masker.

Meski begitu, penelitian tersebut tidak menegaskan hanya cukup menggunakan masker saja, tapi juga harus dibarengi dengan rajin mencuci tangan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA