Berbahaya Minum Sambil Berdiri, Ini Alasannya

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Apa yang dilakukan oleh pebulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan, patut kita tiru. Ya, saat istirahat, Ahsan terlihat melakukan minum sambil duduk atau setengah duduk.

Selain ajaran Islam dan sunnah dari Nabi Muhammad SAW, ternyata minum sambil duduk ada banyak manfaatnya. Sebaliknya, minum sambil berdiri malah dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut ini bahaya apabila terpaksa melakukan minum sambil berdiri, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Perut kembung

Saat minum dengan posisi berdiri bisa membuat air bisa degnan cepat masuk ke dalam tubuh, tanpa melalui dinding usus dengan baik. Akibatnya, perut akan terasa tak nyaman seperti kembung serta merasa mau muntah.

# Lambung terluka

Bukan cuma membuat perut kembung, minum dengan posisi tidak sambil duduk atau setengah duduk juga mengakibatkan air minum yang mengalir ke lambung tidak rata, hal itu bisa menjadikan makanan yang ada di lambung susah untuk dicerna. Akibatnya, dinding lambung menjadi luka serta membawa dampak peradangan pada lambung.  

# Terganggunya keseimbangan tubuh

Efek negatif lainnya yaitu mengakibatkan tertekannya jaringan organ di syaraf pusat. Dengan keadaan seperti itu, secara tidak langsung organ tubuh dipaksa untuk terus bekerja guna menyeimbangkan keadaan tubuh. Dampaknya, syaraf saraf tubuh stres serta berakibat disfungsi syaraf.

# Gangguan ginjal

Saat Anda minum, air yang masuk ke dalam tubuh akan terlebih dulu melalui filter penyaringan. Namun, apabila Anda minum sambil berdiri atau jalan, mekanisme sepertiitu tidak akan terjadi. Pasalnya, filter penyaringan ginjal menutup, sehingga air yang mengalir dengan tekanan tinggi, akan langsung menuju ke kandung kemih.

Dampaknya, ginjal Anda bakal mengalami gangguan. Itu disebabkan karena air yang langsung ke kandung kemih tanpa memalui proses filter, memudahkan menumpuknya kotoran di ureter.

# Perut sakit

Saat Anda berdiri, tenggorokan akan menyempit serta berkerut. Nah ketika minum sambil berdiri, maka makanan sulit untuk dihancurkan, sehingga menjadikan perut terasa sakit.

# Masalah di paru-paru dan jantung

Paru-paru dan jantung juga bisa ‘ketiban sial’ jika Anda minum sambil berdiri. Alasannya, berdiri bisa menekan pasokan oksigen pada saluran makanan serta batang tenggorokan.

Nah apabila melakukan dengan terus-menerus, bisa menyebabkan masalah pada paru-paru serta jantung. (Adi/R5/HR-Online)