Berkah Musim Kemarau, Nelayan Pangandaran Panen Udang Dogol

Udang dogol yang merupakan hasil tangkapan laut nelayan Pangandaran yang berada di tempat pelelangan ikan. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Musim kemarau yang masih berlangsung membawa berkah tersendiri bagi para nelayan di Pantai Selatan Kabupaten Pangandaran. Pasalnya, tangkapan hasil laut di musim ini sangat melimpah, terutama udang dogol dan udang tiger.

Sunar, salah satu nelayan, mengatakan, para nelayan di musim kemarau ini sangat bersyukur lantaran hasil tangkapan laut berupa udang sangat melimpah, terlebih harga udang dalam kondisi stabil.

“Sebelumnya kita dihadapkan kondisi cuaca ekstrim di mana kita terkendala untuk melaut karena laut yang kurang bersahabat dan kita tidak bisa berlayar serta menangkap ikan. Namun akhirnya sekarang sudah berubah, kita bisa panen udang,” katanya kepada HR Online, Rabu (15/08/2018).

Ujang Kekey, petugas TPI Cikidang, mengatakan, hasil tangkapan para nelayan berupa udang dalam satu hari bisa mencapai 1 ton. Udang tersebut, kata Ujang, kemudian dijual di pelelangan ikan yang selanjutnya disalurkan ke semua restoran dan pedagang yang ada di Pangandaran.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan restoran di Pangandaran, udang hasil tangkapan nelayan Pangandaran juga dijual ke kota-kota besar, seperti ke Bandung hingga ke Jakarta. Sementara untuk harga udang per kilogramnya mencapai Rp/ 63 ribu hingga Rp. 65 ribu,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

Loading...