Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruBuah yang Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Buah yang Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Asupan nutrisi, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal itu diperlukan karena untuk menjaga dan menunjang pertumbuhan calon buah hati dalam kandungan.

Kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral bisa didapatkan dari buah-buahan. Dikutip dari Medical News Today dan Republika, berikut ini buah-buahan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

# Jeruk

Selain vitamin C, di dalam jeruk juga sumber folat, serta air yang tentu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal itu untuk mencegah ibu hamil dari dehidrasi. Sementara vitamin C bisa melindungi jaringan sel dari kerusakan.

Sedangkan fungsi dari folat sendiri yaitu melindungi agar tidak terjadi defek tabung saraf, yang bisa mengakibatkan kelainan saraf tulang belakang serta otak pada bayi.

# Pir

Buah yang satu ini juga banyak mengandung folat seperti pada jeruk dan kalium. Untuk kalium manfaatnya yaitu memicu regenerasi sel dan menyehatkan jantung bayi serta ibu hamil.

Selain itu, buah pir juga banyak mengandung serat, yang sangat berguna untuk mengurangi atau mencegah sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.

# Pisang

Selain bisa membuat kenyang, pisang juga banyak mengandung serat, kalium, vitamin C serta B6. Manfaat serat tentu sama dengan buah pir, sedangkan vitamin B6 bisa mengurangi rasa mual serta muntah yang sering dialami oleh ibu hamil saat mulai hamil.

# Mangga

Kandungan vitamin A terdapat pada buah yang satu ini. Ibu hamil yang kurang asupan vitamin A bisa berakibat pada bayi setelah lahir. Pasalnya, vitamin A sangat diperlukan bayi sebagai tameng atau kekebalan tubuh, sehingga jika kekurangan vitamin A bisa mengakibatkan infeksi perpapasan.

# Anggur

Kenapa ibu hamil harus memakai buah anggur? Karena nutrisi yang ada pada anggur bisa membantu perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan.

Selain nutrisi, anggur juga kaya akang kandungan vitain C, K, folat, serat, pektin dan pastinya antioksidan. Fungsi antioksidan sangat penting untuk ibu hamil dan calon buah hati, karena bisa meningkatkan antibodi atau kekebalan pada tubuh sehingga  bisa mencegah kemungkinan terjadinya infeksi.

Buah lainnya yaitu jambu biji yang terdapat berbagai kandungan seperti karotenoid, polifenol, vitamin C dan E, folat, nutrisi dan lainnya.

Sementara untuk ibu hamil yang sering mengeluh kram kaki bisa diatasi dengan memakan buah alpukat, karena kandungan kalium dapat mencegah terjadinya kram kaki. (Adi/R5/HR-Online)