Cara Ampuh Usir Bau Mulut dengan Bahan Alami

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tidak sedikit orang yang mengalami halitosis atau bau mulut yang tidak sedap. Sehingga dengan kondisi seperti itu akan tekanan psikologis. Pasalnya, orang yang mengalami halitosis rasa percaya dirinya akan hilang saat melakukan komunikasi dengan orang lain.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut, antara lain suka merokok, mulut kering, mulut kotor dan bisa juga disebabkan gigi yang berlubang. Namun bisa juga disebabkan karena diabetes atau bahkan diet berlebihan.

Namun, untuk Anda yang mengalami masalah seperti itu tidak usah khawatir. Ada cara yang ampuh dan alami menghilangkan bau mulut, yang bisa membuat napas menjadi segar.

Berikut ini bahan alami yang diklaim ampuh menghilangkan bau mulut, seperti dikutip dari solopos.com.

# Air garam

Cara ini sebenarnya sudah dipraktekan sejak zaman dulu. Untuk mengusir bau mulut yang tidak terlalu parah, Anda bisa berkumur dengan rutin menggunakan air yang dicampur dengan garam. Garam yang larut dalam air ini mempunyai sifat anti-bakteri, yang bisa membuat napas menjadi segar.

Akan tetapi disarankan jangan terlalu banyak atau berlebihan, karena bisa membahayakan tubuh. Caranya, ambil garam sebanyak setengah hingga tiga perempat sendok teh, kemudian larutkan bersama air hangat satu gelas. Kumur di sekitar mulut dan gusi selama 30 detik.

# Teh hijau

Sama garam, teh hijau juga mempunyai sifat anti-bakteri, yang sangat ampuh mengusir bau di mulut. Caranya, minum teh hijau yang sudah dicampur dengan air hangat setiap hari.

# Jus lemon

Bahan alami lainnya adalah lemon. Untuk menghilangkan bau mulut, campurkan buah yang satu dengan madu serta kayu manis dengan dibuatkan menjadi jus. Ternyata lemon juga memiliki sifat anti-bakteri yang bisa membersihkan mulut dari bakteri.

# Minyak kelapa

Cara lainnya yang diklaim ampuh dan populer bahkan dipercaya sejak zaman dulu mengusir bau mulut yaitu dengan minyak kelapa. Cukup oleskan minyak kelapa ke dalam mulut, kemudian biarkan dalam waktu 5 menit. Untuk menghilangkan sisa minyak lakukan dengan berkumur menggunakan air hangat.

# Jus apel

Dan cara terakhir mengusir bauk mulut secara alami dengan minum jus apel yang dicampur dengan kayu manis. Pektin yang ada dalam kandungan apel bisa membantu membuat segar napas. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA