Cuaca Buruk, Tangkapan Nalayan di Pangandaran Menurun, Harga Ikan Jadi Fluktuatif

Aktivitas nelayan di pantai timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Setelah cuaca buruk melanda parairan laut selatan pulau Jawa, salah satunya di pesisir pantai Pangandaran, pada akhir bulan Juli lalu, membuat hasil tangkapan ikan nalayan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menurun. Hal itu tampaknya menyebabkan harga ikan di sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Pangandaran, mengalami fluktutif atau tidak menentu.

Menurut Ujang, nelayan yang juga warga Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, meski harga ikan tidak menentu, namun dalam sepakan ini sudah banyak nelayan yang kembali melaut untuk memenuhi kebutuhan ikan konsumsi masyarakat.

“Ketika terjadi cuaca buruk pada akhir bulan lalu, banyak nelayan yang beralih profesi sambil menunggu cuaca membaik. Akibat banyaknya nelayan yang tidak melaut itu membuat ketersedian ikan di beberapa TPI menurun. Namun, setelah cuaca saat ini sudah dipastikan normal, sebagian besar nelayan sudah kembali melaut. Mudah-mudahan minggu depan harga ikan kembali normal setelah banyak nelayan pergi melaut,” terangnya, Minggu (05/08/2018).

Namun begitu, lanjut Ujang, meski harga ikan di TPI tidak menentu, namun untuk harga jual di Rumah Makan seafood tidak mengalami perubahan. “Hanya ikan mentah di TPI saja yang harganya tidak menentu. Coba cek saja di satu TPI dengan TPI lainnya masih ada perbedaan harga,” ujarnya.

Menurut Ujang, di beberapa TPI di Kabupaten Pangandaran, harga beberapa ikan masih variatif atau tergantung dari persedian ikan. Seperti harga jenis ikan kembung dan cemot di kisaran Rp. 30 ribu hingga Rp.40 ribu/kilogram, ikan jenis tongkol Rp. 45 ribu hingga Rp.55 ribu/kilogram, ikan jenis cumi Rp.60 ribu hingga Rp.70 ribu/kilogram dan ikan jenis layur Rp.35 ribu hingga Rp.55 ribu/kilogram.

Sementara ikan jenis kakacangan dan Japuh di kisaran Rp.30 ribu/kilogram, ikan jenis kakap putih dan kakap kuning Rp.45 ribu/kilogram, kakap merah Rp.55 ribu/kilogram, ikan jenis tenggiri Rp.60 ribu hingga Rp.70 ribu/kilogram dan ikan jenis rajungan Rp.70 ribu hingga Rp. 90 ribu/kilogram. (Mad2/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA