Di Festival Ternak & Ikan Ciamis, Ada SPG Cantik Jualan Sapi

Dewi Sri Nuzula (20), Sales Promotion Girl (SPG) di acara Festival Ternak dan Ikan yang khusus mempromosikan hewan ternak sapi. Photo: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sales Promotion Girl (SPG) cantik ternyata tidak hanya mempromosikan produk-produk elektronik, otomotif dan rokok saja, karena di Ciamis SPG cantik juga mempromosikan penjualan hewan ternak pada Festival Ternak dan Ikan yang digelar Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ciamis, di Lapang Saguling, Kecamatan Barebeg, Kabupaten Ciamis, dari tanggal 7-8 Agustus 2018.

Salah seorang SPG hewan ternak, Dewi Sri Nuzula (20), warga Dusun Cijoho, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, mengatakan, dirinya berada di stan ternak untuk menarik pembeli. Dalam pameran tersebut, Dewi mempromosikan hewan ternak, khususnya sapi lokal.

Dewi mengaku tidak malu ataupun gengsi, meski hanya menjual sapi. Berbeda dengan SPG lainnya yang menjual produk-produk elektronik, otomotif atau rokok. Karena niatnya ingin mencari uang dengan halal, juga ingin berhasil menjual sapi-sapi yang ditawarkannya, terlebih saat ini menghadapi Lebaran Idul Adha.

“Ngapain takut atau gengsian, yang penting mencari uang halal, pantang menyerah dengan menjadi sales hewan ternak,” ungkap Dewi.

Dia juga mengaku sudah menjadi sales hewan ternak sapi sejak beberapa tahun lalu, terutama saat ada kegiatan festival ternak. Kalau tidak ada festival, biasanya Dewi melayani pembeli dari kandang langsung di Cipaku.

Menurutnya, kalau promosi terus dilakukan maka pelanggan pun akan datang, bahkan sampai membeli. Sekarang saja sudah mulai banyak yang tertarik atau sekedar nanya-nanya harga sapi.

Sapi yang dijual ditawarkan mulai dari yang lokal dengan harga kisaran Rp.17,5 juta sampai Rp.22 juta. Atau jenis sapi limousin dan simental dengan harga yang ditawarkan mulai Rp.28 jutaan.

Pantauan Koran HR di lokasi Festival Ternak dan Ikan, SPG ternak tampak memakai pakaian ala peternak dengan mengenakan topi koboi. Mereka tidak malu-malu menawarkan hewan ternak kepada setiap pengunjung festival. Marketing dengan cara menggunakan SPG cantik ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan hewan ternak di Ciamis, yang selama ini mengalami penurunan.

Meski harus berada dekat dengan hewan ternak, namun SPG tersebut tetap berpenampilan cantik sebagai daya tarik. Hasilnya, pelanggan yang umumnya kaum pria tertarik datang ke stand, meskipun hanya sekedar bertanya-tanya soal harga hewan ternak. (Heri/R3/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA