Dispar Ciamis Kembangkan Wisata Air Khusus Kemarau

Pariwisata Ciamis
Salah satu wisata di Ciamis. Foto: Dok. HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), – Tahun 2018 ini Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis mengembangkan destinasi baru wisata air. Destinasi wisata air ini khusus dibuka hanya pada saat kemarau. River (Citanduy) Tubing namanya.   

Kabid Destinasi Dispar Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, ketika ditemui HR Online, Senin (13/08/2018), membenarkan destinasi baru wisata air di Sungai Citanduy tersebut. Menurut dia, wahana tersebut memiliki trek sepanjang 15 kilometer.

“Ketika hujan atau debit air naik, kami gunakan untuk wisata arum jeram, sedangkan jika kemarau atau saat debit air turun, kami gunakan untuk tubing,” katanya.

Budi menjelaskan, wisatawan dapat memilih jalur tubing untuk dilalui karena Sungai Citanduy sangatlah lebar. Sepanjang jalur, wisatawan juga disuguhi panorama alam hutan yang indah.

“Berasa tubing di Sungai Amazon. Pasti wisatawan menyukainya,” tandas Budi.

Pada kesempatan itu, Budi menuturkan, wisatawan yang ingin berpetualang menyusuri Sungai Citanduy, dapat berkunjung langsung ke Tourist Information Centre (TIC) Dispar di kawasan Islamic Center Ciamis.

“Syarat minimalnya satu kelompok sebanyak 5 sampai 10 orang,” katanya.

Budi menegaskan, fasilitas untuk destinasi wisata air tersebut sudah memadai, seperti tim penyelamat dan sarana pendukung lainnya. Untuk itu, wisatawan tidak perlu merasa khawatir, sehingga kenyamanan dan keamanan wisatawan terjamin. (Her2/R4/HR-Online)