Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita CiamisFestival Layang Lakbok Ciamis Sedot Ribuan Pengunjung

Festival Layang Lakbok Ciamis Sedot Ribuan Pengunjung

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ribuan masyarakat Lakbok Kabupaten Ciamis padati areal pesawahan yang terletak di perbatasan Desa Sidaharja-Baregbeg dalam festival layang Lakbok. Acara yang bernuansa serba tradisional tersebut berlangsung meriah meski hingga larut malam, Jum’at (24/08/2018).

Dari pantauan HR Online di lapangan, aneka ragam makanan tradisional khas pedesaan tampak menempati stand-stand yang didirkan di sekitar lokasi. Sementara itu, panggung utama yang terletak di areal pesawahan tersebut menjadi perhatian para pengunjung ketika puluhan perempuan memakai caping dari orchestra pematang sawah sambil menari yang diiringi musik angklung dari anak-anak dan alunan kecapi.

Selain itu, penampilan musik tradisional karinding dari Kertabumi Ciamis serta penampilan musik Janeng juga tidak kalah menarik perhatian para pengunjung. Di penghujung malam, para pengunjung juga dimanjakan penampilan Kuda Lumping (Ebeg) yang juga salah satu kesenian tradisional.

Asep Zery Kusmaya, Panitia Penyelenggara Festival Layang Lakbok, mengatakan, acara tersebut merupakan gagasan dari para pemuda serta masyarakat Lakbok yang bertekad untuk bersama-sama menjaga tradisi yang ada di Lakbok.

“Kami sangat bahagia dan terharu pada kesempatan kali ini bisa tumbuh kebahagian-kebahagian kecil dari hal yang sangat sederhana. Melalui kegiatan ini yang memang sangat erat kaitannya dengan kehidupan pedesaan bisa terus dilaksanakan pada kesempatan selanjutnya. Kami juga sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan sehingga bisa berjalan dengan lancar,” katanya dalam sambutan.

Dari informasi yang dihimpun HR Online, acara tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan diskusi bersama Kementrian Desa (Kemendes) yang melibatkan unsur di pemerintahan desa yang ada di Lakbok pada Sabtu (25/08/2018) dan ditutup dengan pentas musik modern dari berbagai grup musik yang ada di Lakbok. (Muhafid/R6/HR-Online)