Foto Selfie Bersama Teman Bisa Sebabkan Rambut Kepala Kutuan

Foto selfie bersama teman-teman bisa menyebabkan rambut kepala kutuan. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Berswafoto atau selfie bersama teman-teman biasanya dilakukan untuk mengabadikan momen kebersamaan. Sekarang ini selfie sudah menjadi kebutuhan bagi generasi milenial. Namun, tahukah kamu kalau selfie bersama teman-teman bisa menyebabkan kutuan?

Dikutip dari ReadersDigest, Kamis (23/08/2018), Dr. Shari Sperling, seorang dokter kulit bersertifikat sekaligus pendiri dan direktur medis Sperling Dermatology, memperingatkan bahwa selfie bersama teman-teman bisa membuat kepala kamu kutuan.

Hal itu dikarenakan saat sekelompok anak-anak berdekatan untuk berswafoto, ada kemungkinan siapa pun yang kepalanya kutuan dapat menyebarkan ke teman-teman mereka.

“Selfie bersama banyak orang memerlukan kontak dengan jarak yang cukup dekat supaya tetap berada dalam bingkai lensa dari foto kamera,” ujarnya.

Lanjut Dr. Shari Sperling, ketika melakukan selfie, biasanya mereka akan mengambil banyak foto sekaligus untuk mencari yang terbaik. Semakin lama kontak langsung antara kepala ke kepala, maka secara teori akan semakin tinggi pula kemungkinan penularan kutu dari satu kepala ke kepala lainnya.

Berdasarkan perkiraan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), terdapat 6 juta sampai 12 juta anak yang mendapatkan kutu. Sementara menurut sebuah studi di Oxford, Inggris, mengungkapkan, dari 202 anak-anak di negara tersebut yang memiliki smartphone atau tablet, berisiko dua kali lebih mungkin punya kutu kepala dibanding dengan mereka yang tidak memiliki smartphone.

Bahkan, lebih buruk lagi jika kamu atau atau sang anak terkena kutu kepala akan susah dibasmi, sebab kutu semakin sulit untuk dibunuh. Dr. Shari Sperling menambahkan, sebuah studi di tahun 2016 mengungkapkan, 95 persen kutu kepala yang dikumpulkan disebut kutu super. Mereka telah diidentifikasi di 48 negara bagian. Mereka itu hasil dari mengobati kutu biasa dengan kesalahan diagnosis kutu.

Untuk pencegahan adanya kutu di kepala sang anak, kamu bisa menyarankan supaya sang anak menghindari kontak langsung kepala ke kepala saat sedang berswafoto. Para ahli juga menyarankan, untuk mengambil foto atau melihat ke kamera smartphone sebaiknya jangan saling bersandar saling. Hal ini juga sebagai cara untuk mencegah agar kamu atau sang anak tidak kutuan. Jadi, jangan meminjamkan topi, helm, headphone atau bantal pada orang lain. (Eva/R3/HR-Online)