Guru di Lima Kecamatan di Pangandaran Ikuti Workshop Profesi Tenaga Pendidik

workshop profesi tenaga pendidik di Islamic Center Cijulang. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru SD di Kabupaten Pangandaran, Yayasan Cakrawala Indonesia Cerdas (YCIC) menggelar workshop profesi tenaga pendidik di Islamic Center Cijulang, Selasa (28/08/2018). Kegiatan ini diikuti oleh guru yang berasal dari Kecamatan Langkaplancar, Cigugur, Parigi, Cijulang dan Kecamatan Cimerak.

Suyatna, salah satu tutor, mengatakan, pengembangan profesi guru secara makro dapat dimaknai sebagai proses peningkatan kompetensi, kualitas dan kemampuan sumber daya guru dan tenaga kependidikan untuk mencapai tujuan pembangunan bangsa.

“Jadi, pada prinsipnya pembangunan suatu Negara pasti dimulai dari pendidikan,” tegas Suyatna kepada HR Online.

Adapun dalam proses pembangunan tersebut, lanjut Suyatna, mencangkup perencanaan, pengembangan dan pengelolaan sumber daya guru dan tenaga kependidikan. Sementara  pengembangan profesi guru, secara mikro dapat diartikan sebagai proses perencanaan dari pendidikan dan pelatihan, pengelolaan guru dan tenaga kependidikan untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Sehingga untuk mengembangkan kompetensi sebagai pengembangan dari profesi guru di antarnya melalui pendidikan dan pelatihan.

“Ini juga bertujuan memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap individu sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan di lembaga,” pungkasnya.

Sri, salah seorang peserta, mengaku dirinya sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini lantaran dapat menambah wawasan.

“Banyak manfaat yang kami dapat dari setiap tutor. Dengan adanya workshop kami para guru sangat terbantu mengingat masih banyak yang kita tidak tahu selama ini dan mereka mengetahuinya,” singkatnya. (Ceng/R6/HR-Online)

Loading...