Harganas dan HAN 2018 di Pangandaran, TNI Bantu Berikan Penyuluhan KB

Kegiatan Harganas dan Hari Anak di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrkyat.com),- Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional yang berlangsung digelar di Lapang Surawangsa, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran berlangsung meriah dan lancar, Kamis (09/08/2018). Kegiatan tersebut digelar oleh sejumlah instansi yang fokus dalam program KB, baik di Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. Selain itu, kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Ciamis, Kota Banjar serta Kodim 0613 Ciamis.

Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Pangandaran, Tavian Soekartono, bahwa kegiatan yang digelar secara bersama dengan instansi dari 3 daerah tersebut dalam rangka pencanangan bhakti TNI KB-Kesehatan tingkat Kodim 0613 Ciamis yang meliputi 3 wilayah, yakni Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran dan Ciamis. Selain itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan pencanangan bhakti IBI KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Pangandaran .

“Alhamdulillah kegiatan yang melibatkan sejumlah instansi dari wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran serta Kodim 0613 Ciamis ini berjalan lancar,” katanya kepada HR Online.

Di lokasi yang sama, Pangdam III/Siliwangi memberikan sambutan yang dibacakan Kasdim 0613 Ciamis, Mayor Inf. Nurrochman, menjelaskan, bahwa bhakti TNI KB-Kesehatan Terpadu ini dilaksanakan atas sinergitas antara Kodam III/Siliwangi bersama instansi pemerintah, lembaga non pemerintah serta tokoh masyarakat.

“Dalam kegiatan BKKBN ini kami sudah tentu mengaplikasikannya di lapangan melalui para Babinsa yang mana mereka melakukan penyuluhan di lapangan,” katanya.

Melalui kegiatan bhakti TNI-KB Kesehatan terpadu tersebut, sambungnya, guna membangun kependudukan Indonesia yang tumbuh seimbang sesuai dengan data. Sehingga, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan sejahtera.

“Nanti Babinsa diberi tugas membantu pelaksanaan penyuluhan lapangan keluarga berencana (PLKB). Perlu diketahui, saat ini Babinsa sudah diberi kemampuan oleh BKKBN sebagai motivator. Sehingga kami yakin mereka akan lebih berkualitas dalam mensukseskan pelaksanaan program ini,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA