Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruHati-hati, Ini Bahaya Kebiasaan Sering Mengupil

Hati-hati, Ini Bahaya Kebiasaan Sering Mengupil

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Untuk Anda yang sering mengupil mulai saat ini sebaiknya dikurangi kegiatan tersebut. Bukan hanya malu jika mengupil di depan umum karena terkesan jorok, namun juga bisa membahayakan untuk kesehatan.

Memang kebanyakan orang mengupil dengan menggunakan jari tujuannya untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam hidung.

Membersihkan kotoran dalam hidung memakai jari atau mengupil memang bikin enak, bahkan bisa membuat ketagihan. Rasa enak tersebut karena disebabkan oleh saraf-saraf di sekitar bulu hidung yang terkena rangsangan dari gesekan dan tarikan.

Namun, akibat rasa ketagihan itulah yang bisa membahayakan bagi kesehatan. Berikut ini bahaya terlalu sering mengupil, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# infeksi di lubang hidung

Bahaya pertama yang sangat mungkin terjadi jika sering mengupil adalah infeksi. Hal itu disebabkan karena jari tangan yang masuk ke lubang hidung biasanya tidak bersih serta penuh bakteri. Dengan jari tangan yang masuk ke dalam lubang, otomatis bakteri pun ikut masuk, itu yang menyebabkan infeksi.

# Mengakibatkan bisul

Ketika seseorang sering mengupil, maka bakteri yang terbanyak adalah Staphylococcus Aureus. Bakteri jenis ini bisa menyebabkan munculnya jerawat atau bisul yang terjadi di dalam hidung.

Ketika bisul itu muncul masalah utamanya adalah bisa menyebabkan saluran pernapasan menjadi terhalangi atau tersumbat, otomatis mempengaruhi sistem pernapasan.

# Mimisan

Pendarahan atau mimisan bisa mungkin terjadi ketika Anda sedang enak-enaknya ‘menggali harta karun’ di dalam lubang hidung. Pasalnya, di ujung rongga hidung ada jaringan pembuluh darah atai dalam bahasa ilmiahnya plexus kieselbach

Ketika jari tangan Anda masuk ke dalam lubang hidung, otomatis bakal menyentuh plexus kieselbach. Jaringan pembuluh darah tersebut sangat sensitif, sehingga ketika kuku jari tangan mengenainya, maka akan mengakibatkan mimisan atau pendarahan.

Tentunya dengan adanya pendarahan di dalam lubang hidung kemungkinan besar bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

# Meningitis

Apabila Anda tidak hati-hati saat mengambil kotoran di dalam lubang hidung yang terlalu dalam, akibatnya bisa menyentuh sinus bagian dalam yang dekat dengan otak.

Ketika menusuk tulang yang disebut tulang ethmoid yaitu tulang yang memisahkan hidung dengan otak, maka dapat mengakibatkan cairan di otak akan bocor dan dapat mengakibatkan meningitis.

Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas, untuk itu pastikan terlebih dulu apakah kuku jari tangan Anda sudah bersih dan tidak panjang. (Adi/R5/HR-Online)