Hindari Membawa Buah Ini Saat Menjenguk Orang Sakit

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Biasanya ketika akan menjenguk seseorang di rumah sakit umumnya membawa buah-buahan. Alasannya, selain simple juga buah-buahan kaya akan manfaat bagi tubuh.

Bahkan dokter menyarankan bagi yang dirawat di rumah sakit banyak makan buah-buahan. Karena, selain banyak mengandung nutrisi, juga kaya akan mineral dan vitamin yang tentu sangat baik untuk tubuh.

Akan tetapi, ada buah-buahan yang justru dihindari untuk mereka yang sedang dirawat di rumah sakit atau sedang mengonsumsi obat-obatan, pasalnya mempunyai efek yang berbahaya untuk tubuh atau konflik dengan obat.

Nah berikut ini, daftar buah-buahan yang seharusnya tidak dibawa ketika akan menjenguk orang yang sedang sakit, yang dikutip dari tribunnews.com.

# Jeruk

Buah yang sangat sering dibawa seseorang ketika menjenguk orang sakit adalah jeruk. Memang buah yang satu ini kaya akan vitamin C, tetapi perlu diketahui kalau jeruk ternyata bisa membahayakan orang yang masih mengonsumsi obat.

Alasannya, buah kaya vitamin C ini jika dicampur obat di dalam tubuh, maka bisa mengganggu kinerja otot. Bukan hanya itu, jeruk juga bisa membuat cepat mengantuk dan bahkan bisa mengakibatkan halusinasi.

# Apel

Buah berwarna merah ini memang enak saat dimakan, apalagi untuk orang yang sakit. Cuma, untuk yang sedang menjalani pengobatan atau masih ketergantungan obat dari dokter, disarankan makan buah apel setelah 4 jam wakt makan obat. Pasalnya, khasiat obat akan dihambat oleh apel.  

# Anggur

Anggur kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin dan nutrisi yang tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, buah yang satu ini juga dapat menghancurkan komposisi yang terdapat di dalam obat, akibatnya tubuh yang menyerap efektivitas obat akan terganggu.

# Nanas

Sebaiknya jangan membawa buah yang satu ini saat menjenguk orang yang sedang hamil. Memang nanas kaya akan vitamin C, namun untuk ibu hamil buah ini sangat dilarang dikonsumsi.

Alasannya, dengan tingginya vitamin C malah bisa membahayakan kandungan yang malah bisa mengakibatkan keguguran.

Dikutip dari buku What to Eat When You’re Pregnant, kandungan enzim bromelain yang terdapat di dalam nanas bisa menghancurkan protein, sehingga bisa memicu terjadinya perdarahan pada ibu hamil.

Bukan hanya itu, minum obat bersamaan dengan nanas bisa meningkatkan tekanan darah. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA