HP Lemot? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ilustrasi penyebab lemot dan cara mengatasinya. Foto: Muhafid/HR

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Smartphone diciptakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna, baik untuk komunikasi, bermain game, mengabadikan momen dengan kamera, berselancar internet, update status di media sosial maupun fasilitas yang ada dalam smartphone. Meski dengan segudang fitur, namun handphone kadang membuat sebal karena kinerjanya yang lambat, sehingga Anda bertanya-tanya kenapa smartphone menjadi lambat.

Walupun HP dengan kualitas bagus, tetap saja kendala HP lamban tidak bisa dihindari karena berbagai faktor yang jarang diketahui oleh pemilik itu sendiri. Apalagi bagi pengguna yang ceroboh dalam menggunakan HP tanpa melihat dampak serius yang disebabkan aktivitas penggunaan yang tidak terkontrol.

Dari berbagai permasalahan, pengguna mau tidak mau harus mengetahui penyebabnya. Begitu pula harus mengetahui penyebab dan cara ampuh mengatasinya. Supaya smartphone yang digunakan bisa berjalan dengan maksimal, terutama bagi yang memiliki kesibukan dan jam terbang tinggi serta mengandalkan smartphone sebagai alat penunjangnya. Supaya kendala tersebut tidak terjadi lagi, maka Anda perlu mengetahui berbagai penyebab dan cara mengatasinya.

Pertama, penyebabnya adalah penggunaan HP kelewat batas. Hampir sama dengan manusia ataupun barang-barang lainnya, jika digunakan secara berlebihan akan berdampak buruk. Termasuk bila HP Anda tiba-tiba menjadi lambat, cobalah menggunakan HP sesuai kemampuan dan spesifikasinya.

Ilustrasi penggunaan aplikasi dengan kapasitas besar yang membuat HP lemot. Foto: Muhafid/HR

Seperti contoh Anda memiliki HP dengan kapasitas RAM 2GB, namun digunakan untuk bermain game dengan kapasitas minimal 2GB. Tentu saja dari game itu saja akan membuat HP Anda semakin lambat, belum lagi dengan aplikasi lain yang dipasang dengan kapasitas besar.

Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan aplikasi maupun fitur yang akan dipasang pada smartphone. Sebagai catatan penting, pasanglah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, dan buanglah aplikasi yang tidak pernah digunakan, ataupun jarang digunakan.

Kedua, faktor yang membuat HP lemot adalah cache yang menumpuk. Perlu diketahui, cache berasal dari kata cash. Istilah cache sendiri memiliki arti tempat menyembunyikan ataupun tempat menyimpan sementara. Dengan begitu, cache merupakan memori tempat menyimpan data sementara. Meskipun cache berguna untuk mempercepat proses jalannya aplikasi, namun sangat berpengaruh buruk pada kecepatan HP jika dibiarkan menumpuk.

Cache yang menumpuk membuat HP lemot. Foto: Screen shoot

Maka dari itu, penyebab dan cara ampuh mengatasinya agar cache pada smartphone Anda bersih, bisa langsung dihapus pada menu setting, lalu pilih storage atau penyimpanan. Carilah tulisan cache dan hapuslah semua data pada cache. Dengan begitu, HP Anda bisa mulai terasa lebih ringan. Lalukanlah hal ini secara berkala.

Permasalahan yang selanjutnya adalah karena faktor memori internal yang penuh. Persoalan memori internal penuh memang sudah tidak aneh lagi, baik karena cache maupun karena banyaknya aplikasi maupun file yang kita unduh. Seperti halnya dalam menggunakan WhastApp, ketika mendapatkan kiriman berupa gambar maupun video akan secara otomatis menyimpan dalam memori internal. Maka dari itu, sebaiknya rajin-rajinlah melakukan back up data ke laptop ataupun ke computer supaya data kita lebih aman.

Ilustrasi HP lemot. Foto: Muhafid/HR

Selain itu, agar tidak membuat smartphone menjadi lambat, pastikan aplikasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kapasitas HP. Soal file berupa foto, video, musik maupun dokumen, Anda bisa mengaturnya supaya ketika didownload langsung tersimpan di MicroSD. Hal ini untuk mengantisipasi file yang diunduh tersimpan pada memori internal HP.

Faktor selanjutnya adalah menumpuknya aplikasi di background. Perlu diketahui, kehebatan smarphone saat ini adalah kemampuan multitasking yang memungkinkan pengguna lebih mudah dan cepat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Meski membuat Anda semakin mudah dalam menggunakan smartphone, namun dampak yang dihadapi RAM pada smartphone jadi berkurang karena konsumsi memori ini.

Banyaknya aplikasi yang aktif meskipun tidak digunakan. Foto: screenshoot

Maka dari itu, semakin banyak aplikasi yang menumpuk dan tidak dikeluarkan akan mengakibatkan HP lambat. Maka dari itu, cara mengatasi HP lemot karena ini, cobalah hentikan aplikasi yang sudah tidak digunakan, Anda bisa menekan Force Stop atau disable aplikasi yang tidak digunakan.

Penyebab dan cara Ampuh mengatasinya adalah tertinggalnya system yang tertanam pada smartphone. Perlu kita sadari dan ketahui, bahwa pengembang operating system (OS) sangat rajin sekali melakukan pembaharuan pada aplikasinya. Jika smartphone Anda tertinggal, ini akan berdampak kinerja smartphone semakin lambat dan ini sesuatu yang tidak diharapkan.

Operasi Sistem yang digunakan pada salah satu smartphone. Foto: screenshoot

Nah untuk cara mengatasi HP lemot ini, Anda perlu mengecek secara berkala aplikasi yang sudah terpasang, baik itu OS ataupun aplikasi yang sering digunakan. Demikian beberap faktor dan solusi agar Anda bisa berjalan dengan lebih ringan dan bekerja dengan baik.

Sebagai catatan, faktor yang membuat HP lambat sebetulnya sangat banyak sekali, sesuai dengan kondisi dan smartphone itu sendiri. Namun, secara umum factor-faktor di atas merupakan yang paling umum dihadapi ketika HP berjalan lambat. Terlebih, perkembangan smartphone semakin maju akan secara otomatis factor penyebabnya pun semakin banyak. (Muhafid/R6/HR-Online)