Jelang HUT RI ke-73, Masyarakat Pangandaran Bersihkan Taman Makam Pahlawan

Masyarakat perwakilan dari berbagai ormas melakukan bakti sosial membersihkan Taman Makam Pahlawan Bahagia di Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Photo: Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Masyarakat perwakilan dari berbagai ormas melakukan bakti sosial membersihkan Taman Makam Pahlawan Bahagia di Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jum’at (03/08/2018).

Salah seorang peserta baksos, Diah Retu Badraeni, yang juga sebagai Ketua Perempuan Indonesia Raya, mengatakan, kegiatan bakti sosial itu dilakukan dalam rangka menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Selain bersih-bersih, mereka juga menggelar do’a bersama untuk para pahlawan yang telah gugur. Menurut Diah, taman makam pahlawan ini merupakan bukti sejarah bahwa kemerdekaan Indonesia tidak diraih dengan mudah. Untuk itu, masyarakat Pangandaran dari berbagai elemen berinisiatif membersihkannya. Karena memang keberadaanya tidak terawat.

“Kami juga mendengar bahwa Pemerintah Kabupaten Pangandaran ada rencana memindahkan TMP ini. Pemerintah mesti berpikir dua kali akan rencana itu, karena TMP ini tidak akan mengganggu program pembangunan yang rencananya akan dijadikan ruang terbuka hijau. Jika pemerintah tetap memindahkannya, saya rasa akan berkurang nilai sejarahnya,” kata Diah. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA