Jumlah TPD di Pangandaran Diminta Ada Penambahan

Kegiatan Harganas dan Hari Anak di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak yang berlangsung di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran pada Kamis (09/08/2018) diharapkan lebih meriah dengan adanya event yang mendukung program KB.

Enok Heryanti, salah satu Tenaga Penggerak Desa (TPD) Desa Cibogo dan Desa Maruyungsari, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi pemerintah yang akan memberikan insentif kepada TPD sebesar Rp. 500 ribu tiap bulannya. Sebab, sampai saat ini TPD hanya mendapatkan honor sebesar Rp. 1 juta dari provinsi.

“Kalau bisa sih ditambah. Soalnya tugas kita berat sekali di lapangan yang mana tidak hanya mengurus program KB saja, tapi setiap kegiatan di desa baik itu Lomdes ataupun PKK kita dari TPD harus terlibat. Makanya seperti kegiatan ini pula harus lebih meriah lagi, kalau perlu ditambah dengan rangkaian yang bisa mendukung program KB,” katanya kepada HR Online.

TPD, kata Enok, hanya sebatas tenaga kontrak tahunan di provinsi. Ia harap TPD bisa tercatat di Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang mana jumlah TPD sebanyak 54 orang. Padahal, idealnya di Pangandaran sebanyak 93 orang yang mana 1 TP memegang 1 desa.

“Tugas TPD selain penggarapan program KKBPK, juga kependudukan KB, pembangunan keluarga, serta masih banyak lainnya. Sementara dengan wilayah garapan saya yang memegang 2 desa, yakni Desa Cibogo dan Desa Maruyungsari, tentu sangat berat. Makanya kalau bisa jumlah TPD bisa ditambah agar ideal,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA