Kesbangpol Catat 39 Ormas, OKP dan LSM di Pangandaran Sudah Terdaftar

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kantor Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pangandaran, mencatat sudah terdapat 39 Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

“Setelah 5 tahun Pangandaran menjadi daerah otonom baru (DOB), sudah ada 39 OKP, ORMAS dan LSM yang sudah kami catat dan menyerahkan semua persyaratan. Dari 39 organisasi itu bergerak di bidang yang berbeda-beda,” ujarnya, Jum’at (03/08/2018).

Solih menambahkan, pihaknya tak hanya melakukan pencatatan terhadap OKP, Ormas dan LSM, tetapi juga melakukan bantuan pembinaan sebagai bentuk pemberdayaan terhadap masyarakat.

“Meski OKP, ORMAS dan LSM memiliki fungsi sosial kontrol terhadap pemerintah, namun pemerintah juga memiliki kewajiban untuk melakukan bantuan pembinaan. Selain itu, pemerintah pun berkewajiban melakukan kontrol terhadap seluruh komunitas masyarakat, guna memastikan aktivitasnya tidak melanggar aturan hukum yang berlaku serta anggaran dasar dan rumah tangganya dipastikan tidak bertentangan dengan UUD 45 dan pancasila,” ungkapnya.

Solih pun meminta kepada OKP, ORMAS dan LSM yang beraktivitas di wilayah Kabupaten Pangandaran, namun belum mendaftarkan persyaratan ke Kesbangpol, agar segera didaftarkan. Hal itu agar seluruh OKP, ORMAS dan LSM mendapat bantuan pembinaan dari pemerintah daerah. “Selain itu, apabila sudah tercatat, kami mudah untuk melakukan komunikasi. Meski memiliki fungsi kontral sosial, tetapi komunikasi dengan pemerintah daerah harus terjalin dengan baik,” ungkapnya. (Mad2/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA