KKN di Pangandaran, Mahasiswa Unigal Ciamis Gelar WEB GTS

Mahasiswa Unigal Ciamis dan DPKPB saat menggelar WEB GTS di SDN 3 Cintaratu. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sejumlah mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran menggelar kegiatan Wisata Edukasi Bencana Goes To School (WEB GTS ) dengan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Pangandaran.

Topik, salah satu mahasiswa, mengatakan, kegiatan yang melibatkan siswa SDN 3 Cintaratu sedikitnya diikuti oleh 59 siswa, mulai dari kelas 4, 5 dan kelas 6.

“Kita bekerjasama dengan DPKPB untuk memberikan pemahaman kepada siswa soal mitigasi kebencanaan. Tentunya ini agar mereka mampu mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari, apalagi di Pangandaran sering sekali terjadi bencana,” katanya kepada HR Online, Kamis (09/08/2018).

Dindin Abdul Ajid, mahasiswa lainnya, juga mengatakan hal senada. Menurutnya, selain berpartisipasi dengan masyarakat terkait mitigasi kebencanaan, pihaknya juga siap mensosialisasikan pentingnya simulasi penanggulangan bencana ke masyarakat, terutama siswa.

“Pengetahuan soal bencana dan penanggulangannya itu sangat penting. Apalagi Kabupaten Pangandaran kita ketahui sebagai salah satu daerah yang rawan bencana,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala SDN 3 Cintaratu, Anwar Rusdianto, mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada para mahasiswa yang berkenan memfasilitasi belajar soal kebencanaan ke siswanya dengan DPKPB.

“Ini sangat menunjang sekali bagi pengetahuan para pelajar. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi siswa, umumnya masyarakat,” singkatnya. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA