KKN Unigal Ciamis Gelar Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Desa di Pangandaran

Kegiatan pelatihan program pengelolaan sistem informasi desa berbasis IT. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sejumlah mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fisip Unigal di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran menggelar pelatihan pengelolaan sistem informasi desa berbasis IT ke perangkat desa.

Ketua Kelompok KKN Fisip Unigal Desa Cintakarya, Tedi Setiadi, mengatakan, di era sebaga digital keberadaan sistem informasi berbasis IT sangat penting peranannya. Terlebih target program tersebut adalah perangkat desa yang mana sebagai pelayan masyarakat.

“Sebenarnya sederhana, yakni bagaimana caranya supaya perangkat desa itu menginformasikan berbagai kegiatan kepada masyarakat melalui berbagai media, baik media sosial maupaun melalui website. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi langsung dari Pemdes,” jelasnya, Sabtu (25/08/2018).

Dalam pelatihan tersebut, lanjut Tedi, pihaknya sengaja mengundang pemateri langsung dari relawan TIK Kabupaten Pangandaran yang mana salah satu pembuat website desa beberapa tahun lalu.

Di lokasi yang sama, Lia Aprilia, salah satu peserta KKN, mengatakan, bahwa pelatihan tersebut sangat bagus bagi pemerintah desa untuk menyebarkan berbagai informasi kepada masyarakat. Meski begitu, kendala yang dihadapi adalah jaringan internet di wilayah tersebut yang kurang maksimal.

“Jaringan internet di Pangandaran belum merata. Sehingga, perangkat desa maupun masyarakat cukup kesulitan dalam menyebarkan informasi ataupun mengakses informasi melalui internet. Jadi, solusinya adalah jaringan internet harus kuat supaya perangkat desa bisa lebih leluasa dalam mengunggah informasi untuk masyarakat,” pungkasnya. (Ceng2/R6/HR-Online)