Makam Keramat di Rajadesa Ciamis jadi Tujuan Peziarah

Makam keramat Syekh Danu Warsih Gunung Marapi, yang berada di Dusun Sirnasari, Desa Rajadesa, Kecamatan Rajaesa, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Makam keramat Syekh Danu Warsih Gunung Marapi, yang berada di Dusun Sirnasari, Desa Rajadesa, Kecamatan Rajaesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, seringkali dikunjungi peziarah dari luar kota, seperti Karawang dan seputar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

“Setiap Minggu Kliwon, peziarah dari luar kota tumplek di Makam Keramat Syekh Danu Warsih Gunung Marapi ini,” kata Tita, warga RT 07 RW 08, Dusun Sirnasari, ketika ditemui Koranm HR, Senin (13/08/2018).

Menurut Tita, peziarah dari luar kota itu sengaja datang ke makam untuk mendapatkan karomah. Mereka rela berkunjung meski kondisi jalan menuju makam menanjak dan kondisi bangunan makam rusak.

Juru Kunci Makam, Anda (80), ketika ditemui Koran HR, Senin (13/08/2018), mengungkapkan bahwa Syekh Danu Warsih merupakan besan dari Prabu Siliwangi atau mertua dari Raden Walang Sungsang.

“Banyak peziarah dari luar kota yang datang berkunjung ke makam Syekh Danu Warsih,” katanya.

Anda menuturkan, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan perhatian terhadap keberadaan makam keramat tersebut. Salah satunya dengan membantu memperbaiki bangunan di sekitar makam.

“Dulu, sekitar tahun 2000, para peziarah membangun makam ini. Dan pada tahun 2015 sempat direnovasi, tapi sekarang kondisinya sudah kembali lapuk, butuh diperbaiki lagi,” katanya.

Menurut Anda, jika bangunan makam sudah diperbaiki, dia yakin jumlah peziarah akan bertambah. Terlebih, Syekh Danu Warsih juga merupakan tokoh yang erat kaitannya dengan penyebaran agama islam. (Dji/Koran HR)