Manfaatkan Lahan Kering, Petani di Langkaplancar Pangandaran Tanam Kacang Kedelai

Petani saat menanam kacang kedelai. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Petani di Desa Bangunjaya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran memanfaatkan areal pesawahan yang terdampak kemarau dengan menanam kacang kedelai. Langkah ini sebagai alternatif memanfaatkan lahan kering pasca musim panen dan menunggu musim hujan datang.

Para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Cibunar Satu itu menanam kacang kedelai jenis Anjasmoro di lahan seluas 10 hektar.

Menurut Ade Rohayati, Penyuluh Pertanian Kecamatan Langkaplancar, penanaman kacang kedelai di musim kemarau sangat tepat dilakukan pasca panen. Selain sebagai tanaman alternatif, kacang kedelai yang berhasil dipanen pun nantinya bisa menguntungkan para petani.

“Kalau lahannya kosong di musim kemarau ini dan kita biarkan begitu saja kan kurang produktif. Nah penanaman kacang kedelai merupakan langkah yang tepat sambil menunggu musim tanam tiba,” katanya.

Ade menambahkan, jenis kacang kedelai anjasmoro tersebut untuk mencapai panen mulai dari tanam usianya mencapai 92 hari. Jadi, kata Ade, para petani ketika masuk musim penghujan sudah bisa memane kacang kedelai tersebut.

“Jika menanam kacang kedelai lebih menguntungkan, maka petani nantinya akan menanam kembali. Semoga tanaman kacang kedelai perdana ini berhasil sesuai harapan,” pungkasnya. (Ceng/R6/HR-Online)