Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariMeriahkan HUT RI, Perempuan di Sukasari Ciamis Ikuti Lomba Panjat Pinang

Meriahkan HUT RI, Perempuan di Sukasari Ciamis Ikuti Lomba Panjat Pinang

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Biasanya dalam memeriahkan peringatan HUT RI kerap digelar berbagai perlombaan, seperti halnya lomba panjat pinat. Lomba ini pun biasa didominasi oleh kaum Adam. Namun berbeda di Dusun Sukamulya, Blok Kalimati, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis yang mana peserta panjat pinang yang justru didominasi kaum hawa.

Seperti umumnya, dalam perlombaan panjat pinang tersebut peserta saling bahu-membahu untuk bisa mendapatkan hadiah yang sudah dipasang di puncak pohon jambe. Meskipun kondisi pohon licin, peserta terus berusaha menaklukkan tantangan itu. Sedangkan lomba panjat pinang yang diikuti para perempuan tersebut menjadi perhatian warga lantaran mengundang tawa karena aksinya yang lucu-lucu.

Dede Yana, Ketua Panitia, mengatakan, bahwa dalam memeriahkan HUT RI ini di wilayahnya melibatkan berbagai elemen masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Sementara itu, para peserta juga disuguhkan hiburan tradisional serta modern.

“Tahun ini Alhamdulillah partisipasi masyarakat sangat luar biasa sekali, apalagi dari para perempuan yang ikut meramaikan lomba panjat pinang yang di sampingnya juga ada panjat pinang dari laki-laki. Kegiatan ini kita gelar untuk menghibur masyarakat pada momen peringatan hari kemerdekaan,” katanya kepada HR Online, Sabtu (18/08/2017).

Novi, salah satu peserta, mengatakan, dirinya merasa senang bisa ikut andil dalam lomba panjat pinang meski harus berjibaku dengan tanah serta oli yang dilumurkan ke pohon pinang. Kendati demikian, berkat kerjasama yang baik, hadiah yang digantungkan pun akhirnya bisa diraih.

“Awalnya sih lumayan pesimis bisa mengambil hadiahnya. Namun, lama kelamaan semakin asik dan semakin tertantang untuk meraih hadiah yang ada di atas. Alhamdulillah setelah berjuang akhirnya bisa didapat juga,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)