Musim Kemarau, Hutan Jati Gunung Sangkur di Banjar Terbakar

Kebakaran hutan jati Gunung Sangkur yang berada di wilayah Dusun Margaluyu, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, terjadi pada Rabu (01/08/2018) malam, sekitar pukul 17.00 WIB. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Musim kemarau panjang yang melanda wilayah Kota Banjar beberapa bulan ini berportensi terjadinya kebakaran. Bukan hanya di perumahan warga, namun di hutan pun sering terjadi. Seperti halnya di hutan jati Gunung Sangkur yang berada di Dusun Margaluyu, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, kebakaran hutan terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Rabu (01/08/2018).

Dari pantauan HR Online di lapangan, kebakaran yang melahap hektaran hutan jati tersebut tampak meluas. Akses menuju lokasi yang sulit membuat pemadam kebakaran yang sudah di sekitar lokasi tak bisa berbuat banyak. Sementara itu, kebakaran tersebut juga menjadi tontonan gratis warga sekitar maupun pengguna jalan yang melihat dari jauh kobaran api dari Jalan Raya Banjar-Langensari.

Hardiman, salah satu warga, mengatakan, bahwa kebakaran tersebut tidak diketahui penyebab utamanya. Namun, kebakaran yang berasal dari lereng tersebut hingga malam hari belum juga padam. Pasalnya, selain di lokasi gunung juga mengalami kekeringan dan sumber air jauh, pemadam kebakaran yang sudah di lokasi pun tak bisa berbuat banyak karena medan yang sulit.

“Hampir setiap tahun kebakaran di sini. Warga di sini tidak ada yang berani ke sana, apalagi kalau menjelang malam. Hal tersebut karena takut terjadi apa-apa, baik disangka mencuri kayu, hilang secara miterius maupun disangka membakar hutan yang dikelola Perum Perhutani tersebut,” jelasnya kepada HR Online.

Lantaran api sulit dipadamkan, lanjut Hardiman, otomatis api yang sudah menjalar semakin meluas. Bahkan, terpantau ada dua titik yang terbakar.  “Ya kita nonton saja, mau memadamkan bingung karena air juga jauh,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA