Musim Kemarau, Petani di Sidaharja Ciamis Tanam Palawija

Para petani saat menanam palawija berupa kacang hijau. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Musim kemarau yang melanda di wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya tidak membuat para petani di Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican tinggal diam dalam melakukan kegiatan bertaninya. Mereka memanfaatkan musim kemarau ini dengan menanam palawija. .

Ketua Gapoktan Desa Sidaharja, Ismanudin, mengatakan, memanfaatkan lahan yang saat ini kondisinya kering para petani sementara waktu mengalihfungsikan lahannya untuk menanam kacang hijau.

“Seperti musim musim sebelumnya, petani di sini selalu manfaatkan lahan sawah di musim kemarau dengan menanam palawija berupa kacang hijau. Alhamdulillah kemarin kelompok kami mendapatkan bantuan benih kacang hijau untuk ditanam di lahan sekitar 15 hektar,” katanya.

Sementara itu, Achmad, petani asal Desa Sidaharja, mengatakan, penanaman kacang hijau di musim kemarau sudah menjadi rutinan para petani di wilayahnya setelah musim panen selesai.

“Saat musim kemarau tiba, kami selalu mengadu nasib dengan mengambil langkah tanam palawija. Hal ini kami lakukan untuk tetap bisa beraktivitas di bidang pertanian. Selain itu tentunya berharap tanam palawija kami akan membuahkan hasil yang menguntungkan,” katanya. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA