Nokia X5, Smartphone Murah Pesaing Xiaomi

Nokia X5. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Nokia ingin mengembalikan kejayaannya sebagai ponsel yang paling banyak diminati, seperti era sebelum smartphone keluar. Untuk itu, Nokia merilis ponsel pintar yang harganya murah tapi berkualitas tinggi.

Saat ini, smartphone yang paling banyak diminati karen murah dan kualitasnya bagus masih dipegang oleh vendor asal China, Xiaomi, Huawei atau Oppo.

Bahkan, untuk ponsel pintar rentan harga di bawah Rp 2,5 jutaan, yang masih merajai pangsa pasar ponsel mungkin dipegang oleh Xiaomi dengan seri Redmi 5 plus dan Note 5.

Guna menyaingi dua ponsel dari Xiaomi itu, Nokia merilis seri terbarunya X5 atau Nokia 5.1 Plus, yang diklaim membawa spek mumpuni serta harga ramah di kantong.

Terlihat pada layarnya yang mirip dengan iPhone X dengan ukuran 5,86 inci serta aspek rasio 19:9. Layarnya pun sudah berpanel IPS dan beresolusi 720 x 1520 pixels.

Dari jeroannya, Nokia X5 dipersenjatai chipset Mediatek MT6771 Helio P60, prosesor Octa-core dan grafis Mali-G72 MP3. Pendukungnya disokong oleh RAM berkapasitas 3 GB yang dipadukan dengan penyimpanan internal 32 GB, dan RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 32 GB.

Beralih ke kamera, Nokia X5 dibekali dengan dua lensa di bagian belakangnya, yang masing-masing lensanya 13 MP (f/2.2) serta 5 MP. Sedangkan untuk kamera selfie, lensanya beresolusi 8 MP (f/2.2).

Spek lainnya, kapasitas baterai 3060 mAh, sensor pemindai sidik jari ada di belakang, OS sudah berbasis Android 8.0 Oreo, namun Nokia akan memperbaharuinya menjadi Android P.

Untuk harganya, Nokia X5 dengan RAM 3 GB / 32 GB dijual kurang lebih Rp 2,1 jutaan, sedangkan pilihan RAM 4 GB / 64 GB dihargai kurang lebih Rp 2,9 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)