Obwis Hutan Pinus Darmacaang Ciamis Ditarget jadi Sumber PADes

Objek wisata Hutan Pinus Darmacaang, di Dusun Sorok, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Foto : Phinemo.com

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Objek wisata (Obwis) Hutan Pinus Darmacaang, yang berada di Dusun Sorok, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, sejak enam bulan terkahir ini kembali dibuka. Kawasan objek wisata hutan pinus itu kini dikelola secara profesional oleh pemerintahan desa setempat.

Camat Cikoneng, Drs. Wawan Ruhyat, Selasa (14/08/2018), mengatakan, jika dikelola dengan baik dan profesional, objek wisata Hutan Pinus Darmacaang berpotensi menjadi sumber penghasilan bagi daerah, khususnya bagi Desa Darmacaang.

“Kami melihat ini merupakan potensi wisata yang bagus, seperti halnya wisata hutan di sejumlah daerah. Sebelumnya, kawasan ini memang dikelola seadanya. Tapi sekarang, setelah ada kerjasama antara Pemerintah Desa Darmacaang dengan Perum Perhutani, kawasan ini akan dikelola dengan baik, dan menjadi sumber pendapatan untuk desa (PADes),” katanya.

Wawan menuturkan, setelah kawasan objek wisata Hutan Pinus Darmacaang dibuka kembali dan dikelola profesional, animo masyarakat untuk berkunjung mengalami peningkatan dibandingkan sebelum-sebelumnya.

“Mudah-mudahan objek wisata ini berkembang seperti objek wisata serupa yang ada di daerah lain,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wawan menambahkan, Pemerintah Desa Darmacaang juga berencana melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana penunjang objek wisata Hutan Pinus tersebut. Diantaranya, menyediakan sarana bermain bagi anak, outbond, dan kawasan kuliner.

“Untuk pengembangannya, Pemerintah Desa Darmacaang bakal melibatkan masyarakat sebagai pelaku usaha. Dengan begitu, masyarakat juga akan merasakan manfaat dari keberadaan kawasan tersebut,” tandasnya. (Deni/Koran HR)

Loading...