Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranOlahraga Tradisional Tingkat Jabar, Tim Dagongan Pangandaran Juara Umum

Olahraga Tradisional Tingkat Jabar, Tim Dagongan Pangandaran Juara Umum

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kabupaten Pangandaran lagi-lagi menunjukkan kehebatannya di tingkat Provinsi Jawa Barat dalam perhelatan olahraga tradisional. Bahkan, dalam pertandingan tersebut Kabupaten Pangandaran berhasil menjadi juara umum dan membawa satu medali emas.

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Cigugur, Sugiawan, mengatakan, tim olahraga tradisional dagongan yang berasal dari SD di bawah naungan UPT Pendidikannya tersebut berhasil meraih prestasi gemilang di tingkat Provinsi Jawa Barat setelah sebelumnya berhasil meraih juara di tingkat kabupaten. Pada kesempatan pertandingan olahraga tradisional tersebut, tim dagongan dari Pangandaran berhasil menumbangkan tim dari Kabupaten Karawang.

“Saat bertanding, tim kita sempat terjadi seri. Namun memasuki babak ketiga, tim kita berhasil meraih poin 2-1. Dengan hasil tersebut, kita mendapatkan gelar juara umum dan mendapatkan medali emas dalam olahraga tradisional ini,” jelasnya kepada Koran HR, Senin (13/08/2018).

Arif Hidayat, salah satu pemain dagongan, mengatakan, ia bersama enam orang lainnya sudah sejak awal bertekad menyuguhkan permainan yang bisa membanggakan Kabupaten Pangandaran di tingkat provinsi. Berkat kerja keras dan kerjasama tim, akhirnya perjuangan tersebut pun bisa membawa hasil yang membanggakan.

“Alhamdulillah kita bisa meraih prestasi untuk Pangandaran. Tentunya semua ini tidak lepas dari latihan dan pembinaan dari pelatih (guru olahraga). Ini merupakan persembahan di hari kemerdekaan untuk Kabupaten Pangandaran,” tuturnya.

Menanggapi keberhasilan tim olahraga dagongan yang berhasil meraih juara umum di tingkat provinsi, Bupati Jeje Wiradinata mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi tim dagongan yang sudah bekerja keras dalam mengharumkan nama Pangandaran melalui perlombaan olahraga tradisional tersebut. Ia berpesan, agar pretasi tersebut dipertahankan dan ditingkatkan lagi prestasinya.

“Meskipun kita adalah daerah baru, namun kita juga bisa sama sejajar dengan kabupaten atau kota lain yang ada di Jawa Barat serta di daerah lainnya. Tentunya dengan prestasi ini akan berdampak positif dan secara tidak langsung sebagai salah satu media promosi Pangandaran. Kami harap prestasi seperti ini tidak hanya dari olahraga tradisional saja, namun dari bidang lain juga perlu ditingkatkan,” katanya.

Sementara itu, Kadisdikpora Pangandaran, Surman, juga mengatakan hal senada. Menurutnya, Disdikpora Pangandaran sangat bangga atas keberhasilan tim olahraga tradisional dagongan dari UPT Pendidikan Cigugur yang berhasil meraih juara tingkat provinsi. Dari raihan prestasi tersebut, ia menyebut tidak lepas dari arahan bupati serta wakilnya yang mana terus mendorong prestasi di bidang pendidikan.

“Dengan keberhasilan sebagai juara umum tentunya mesti dipertahankan dalam pertandingan di tahun yang akan datang. Semoga saja kita tetap bisa meraih prestasi di bidang lainnya demi mengharumkan nama baik Pangandaran,” pungkasnya. (Ntang/Koran-HR)