Paskibra Berpakaian Adat & Demonstrasi Lintas Budaya Meriahkan Upacara HUT RI di Perbatasan

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) berpakaian adat dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Asiki, Papua. Photo: Istimewa.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Pasukan pengibar bendera (Paskibra) berpakaian adat serta demonstrasi lintas budaya meriahkan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, di lapangan sepakbola Asiki, Kabupaten Bovendigoel, Papua, Jum’at (17/08/2018).

Berdasarkan press release yang diterima HR Online, upacara tersebut digelar Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad, bekerjasama dengan Pemerintahan Distrik Jair, Kabupaten Bovendigoel, Papua. Bertindak sebagai Inspektur upacara, Kepala Distrik Jair, Yustisianus Wiwaron, dan diikuti seluruh Muspika Distrik Jair.

Sedangkan, Satgas 323 Kostrad berperan sebagai penanggungjawab pelaksanaan seluruh rangkaian upacara. Selama satu bulan, Satgas mempersiapkan untuk kelancaran pelaksanaan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Upacara berlangsung hikmat dengan melibatkan siswa-siswi dari sekolah yang ada di wilayah Distrik Jair, yang terpilih menjadi Paskibra. Cuaca yang cerah juga mendukung suksesnya penyelenggaraan upacara.

Uniknya, dalam upacara ini mengkombinasikan Paskibra yang berseragam putih-putih dipadukan dengan Paskibra yang menggunakan pakaian adat dari seluruh Indonesia. Tanpa mengurangi kewibawaan dan marwah dari Paskibra, siswa-siswi yang menggunakan pakaian adat pun mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Usai melaksanakan upacara dilanjutkan dengan kegiatan demonstrasi ketangkasan dan kreativitas dari elemen masyarakat Distrik Jair. Dari mulai Display Drumband, aubade lagu-lagu nasional, tarian lintas budaya, parade bendera, serta ketangkasan bela diri.

Kepala Distrik Jair, Yustisianus Wiwaron, mengaku kalau dirinya sangat terkesan ketika menyaksikan seluruh rangkaian upacara. “Saya mewakili seluruh warga Jair mengucapkan satu kata untuk Buaya Putih, luar biasa. Pelaksanaan upacara tingkat Distrik ini tidak kalah menarik dengan upacara-upacara besar di kota Besar. Saya merasa seperti tidak melaksanakan upacara di sebuah kampung,” ungkap Yustisianus.

Dansatgas Yonif Raider 323 Kostrad, Letkol Inf. Agust Jovan Latuconsina, mengatakan, pihaknya tidak pernah mau setengah-setengah jika membuat suatu kegiatan, tapi harus berhasil dan mengesankan.

“Saya mewakili para anggota juga mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada putra-putri Distrik Jair. Mereka mampu menampilkan yang terbaik,” tandas Letkol Inf. Agust Jovan Latuconsina.

Sementara itu, Sutrisno, salah seorang tamu undangan yang hadir dalam upacara HUT RI ini, mengaku bangga melihat demonstrasi keterampilan masyarakat yang berbaur dengan prajurit Satgas. “Belum pernah ada sebelumnya di sini kegiatan yang semenarik ini,” ungkapnya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA