Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarPeksos & TKS Wilayah Priatim Ikuti Sertifikasi Kemensos di Banjar

Peksos & TKS Wilayah Priatim Ikuti Sertifikasi Kemensos di Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Banjar, Jawa Barat, mengadakan sertifikasi bagi Pekerja Sosial (Peksos) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS) wilayah Priangan Timur, bertempat di Kantor Dinsos P3A Kota Banjar, Selasa (14/08/2018).

Kepala Dinsos P3A Kota Banjar, Asep Tatang Iskandar, mengatakan, sertifikasi ini merupakan bentuk perhatian dari Dinas Sosial terhadap Peksos maupun TKS supaya memiliki sertifikat dan diakui secara nasional. Karena, sertifikat tersebut dikeluarkan langsung oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

“Tenaga Kesejahteraan Sosial atau Pendamping Sosial harus bersertifikasi. Seseorang akan diakui bahwa dirinya adalah profesional dalam melakukan suatu pekerjaan di bidangnya ketika diakui dengan bukti adanya sertifikat atas nama dirinya,” kata Tatang, Selasa (14/08/2018).

Untuk itu, pihaknya mengajak puluhan peserta sertifikasi untuk antusias mengikuti prosesnya. Karena akan banyak manfaat yang dirasakannya di kemudian hari. Bahkan, dirinya pun mengikuti kegiatan sertifikasi tersebut untuk memicu Peksos, khususnya yang ada di Kota Banjar supaya mau mengikuti kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Sertifikasi Pekerja Sosial dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kemensos RI, Ening, mengatakan, sertifikasi ini akan banyak manfaatnya bagi Peksos ataupun TKS. Karena kinerja mereka akan diakui secara profesional ketika memiliki sertifikat.

Dia menjelaskan, kepemilikan sertifikasi tidak hanya sebagai bentuk legalitas saja, karena masih banyak Peksos ataupun TKS yang berlatar pendidikan lain. Sehingga, dengan memiliki sertifikat tersebut dapat digunakan juga ketika melamar kerjaan di tempat lain.

“Sertifikat yang akan teman-teman miliki apabila lulus test dapat digunakan untuk melamar menjadi NGO,” jelas Ening. (Wahyu/Koran-HR)