Pemdes Langensari Banjar Terima Kunjungan Klarifikasi Tim Juri APN Jabar

Tim juri Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Provinsi Jawa Barat, saat melakukan kunjungan klarifikasi ke Pemerintah Desa Langensari. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tim juri Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan klarifikasi ke Pemerintah Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Kamis (30/08/2018), pasca terpilihnya Kepala Desa Langensari, Yanti, sebagai Pembina Ketahanan Pangan dalam seleksi tingkat kota.

Kunjungan klarifikasi dimulai dengan paparan keberhasilan ketahanan pangan di Desa Langensari yang disampaikan oleh Yanti, selaku kepala desa. Dilanjut dengan wawancara kepada sejumlah kelompok atau lembaga ketahanan pangan Desa Langensari.

Ditemui HR Online di sela-sela acara, Kabid. Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Banjar, Nanan Rohanan, mengatakan, di tahun 2018 ini, Kades Langensari layak terpilih jadi perwakilan Kota Banjar, dalam penilaian lomba APN kategori Pembina Ketahanan Pangan.

“Ini menjadi bukti keberhasilan kinerjanya dalam pembinaan ketahanan pangan yang dilakukan kepala desa dengan dukungan APBDes,” kata Nanan.

Pihaknya berharap, Kades Langensari ini bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Provinsi Jawa Barat ke tingkat Nasional dalam penilaian APN untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan. Terlebih sampai sejauh ini tinggal 4 kabupaten/kota lagi yang masih dinilai oleh tim juri dari provinsi.

“Untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan tinggal 4 kabupaten/kota lagi yang masih dinilai provinsi, selain Kota Banjar, ada juga Kabupaten Ciamis, Garut dan Cianjur,” ungkapnya.

Lanjut Nanan, di tahun 2018 ini, Kota Banjar juga mendapat penilaian APN untuk kategori Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang diwakili oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Teratai, Desa Cibeureum, Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LPDM) diwakili Poktan Tunas Mekarjaya, Desa Rejasari, dan kategori Lumbung Pangan diwakili Poktan Mekar Rahayu, Desa Waringinsari.

Sementara itu, dalan acara kunjungan klarifikasi tim juri tersebut, tampak hadir Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Banjar, beserta staf terkaitnya, Camat Langensari, dan seluruh unsur kelembagaan serta Dewan Ketahanan Pangan Desa Langensari. (Nanks/R3/HR-Online)

Loading...