Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarPemkot Banjar Kembali Tebar 4 Kuintal Benih Ikan Mas di Situ Leutik

Pemkot Banjar Kembali Tebar 4 Kuintal Benih Ikan Mas di Situ Leutik

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar kembali melakukan restocking atau penebaran benih ikan di Situ Leutik, Dusun Cijambu, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jum’at (24/8/2018).

Penebaran ikan di Situ Leutik sebanyak 4 kuintal ikan mas dan 200 ribu ikan tambak bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya ketidakseimbangan ekosistem akuatik di perairan umum.

“Diharapkan restocking tersebut tidak hanya menambah populasi ikan, akan tetapi juga dapat memberikan nilai tambah tangkapan ikan sebagai sumber pangan,” ucap Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih.  

Ade Uu menambahkan, restocking tersebut tidak sekadar meningkatkan produksi ikan di perairan umum dan guna pemenuhan gizi bagi masyarakat. “Akan tetapi juga melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, H. Aswin mengatakan, restocking kali ini merupakan yang keenam sejak tahun 2011.

Menurutnya, Situ Leutik yang memiliki genangan air seluas empat hektar lebih, dengan kedalaman hingga tujuh meter, memiliki potensi ditebar benih ikan hingga 24 juta ekor.

“Benih ikan yang ditebar berasal dari Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat. Jenis ikan yang ditebar juga sesuai dengan habitatnya. Yang lebih utama adalah ikan tersebut menjadi salah satu sumber ketahanan pangan dan sumber perekonomian,” katanya.

Selain itu juga, lanjutnya, jenis ikan yang belakangan ini mulai langka dibudidayakan yakni ikan tambak. “Namun demikian juga yang memiliki nilai ekonomis tinggi misalnya ikan mas/ kancra ini,” pungkasnya.

Sebelum penebaran benih ikan di Situ Leutik, terlebih dulu dilakukan acara jalan sehat yang masih dalam rangkaian HUT RI ke-73. Jalan sehat ini diikuti oleh semua OPD lingkup Pemerintah Kota Banjar, dan unsur Forkopimda Kota Banjar.

Rute jalan sehat mengambil star di depan Desa Cibeureum menuju atau finish di Situ Leutik. (Adi/R5/HR-Online)