Penyedia Jasa Transportasi Air di Ciamis Wajib Miliki Peralatan Keselamatan Penumpang

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Nana Supriatna, saat memberikan bantuan ring buoy dan life jacket untuk penyedia jasa transportasi air di Situ Panjalu. Photo: Heri Herdianto/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Peralatan keselamatan wajib disiapkan oleh penyedia jasa transportasi, termasuk angkutan air di Situ Panjalu, Kabupaten Ciamis, sebagai bentuk pengamanan bagi setiap penumpang. Namun, sampai saat ini belum semua penyedia jasa angkutan air melengkapi angkutannya dengan peralatan keselamatan penumpang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Nana Supriatna, saat ditemui Koran HR ketika memberikan bantuan ring buoy dan life jacket untuk penyedia jasa transportasi air di Situ Panjalu, Selasa (31/07/2018).

“Kita akui memang belum semua penyedia jasa angkutan air melengkapi angkutannya dengan pelampung, atau pengeras suara sebagai bentuk perlengkapan untuk keselamatan penumpang,” terangnya.

Padahal, lanjut Nana, peralatan keselamatan wajib disiapkan, termasuk angkutan air di Situ Panjalu  sebagai bentuk pengamanan pada setiap penumpang. Karena, setiap penumpang wajib dilengkapi alat keselamatan.

Menurutnya, pihak Dishub sendiri sebetulnya selalu melakukan sosialisasi terkait syarat dan ketentuan penyedia jasa transportasi, khususnya ke pihak penyedia jasa angkutan air. Untuk itulah, dalam rangka mencegah kecelakaan angkutan perairan, pihaknya memberikan bantuan peralatan keselamatan berupa ring buoy dan life jacket.

“Ini merupakan bagian dari pelayanan dari Dinas Perhubungan untuk para pekerja jasa transportasi air, yang mana sebagai bentuk keselamatan penumpang,” kata Nana.

Meski jumlah ring buoy dan life jacket yang diberikannya terbatas, tapi bisa digunakan secara bergantian sebagai alat pengaman agar penumpang yang akan pergi ke objek wisata Nusa di Situ Panjalu terjamin keselamatannya.

Semntara itu, Ketua Paguyuban Perahu Motor dan Paguyuban Perahu Dayung, yang diwakili oleh Ketua Paguyuban Kawula Muda Cukangpadung (PKMC), Asep Yusup, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, atas bantuan life jacket dan ring buoy.

Pasalnya, semua alat pengaman tersebut merupakan bagian wajib yang harus dimiliki oleh para penyedia jasa taransportasi air, sebagai bagian dari fasilitas kenyamanan dan keselamatan penumpang.

“Saya sendiri sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas Perhubungan, guna memberikan pelayanan prima dan keselamatan pada penumpang melalui bantuan life jaket dan ring buoy. Semoga dengan bantuan ini bisa lebih menjaga keselamatan, terutamanya ke pengunjung objek wisata Situ Panjalu,” kata Asep. (Heri/R3/Koran HR)

KOMENTAR ANDA