Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita BanjarPerayaan HUT RI di Langensari Banjar Dipastikan Lebih Semarak

Perayaan HUT RI di Langensari Banjar Dipastikan Lebih Semarak

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Peringatan HUT RI ke-73 di Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, dipastikan akan lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pada peringatan HUT RI tahun ini akan menyelanggarakan pawai alegoris secara mandiri, seperti halnya pelaksanaan upacara bendera yang selalu dilaksanakan mandiri di Alun-alun Langensari.

Saat ditemui Koran HR, Selasa (14/08/2018), Camat Langensari, Asno Sutarno, mengatakan, di wilayah Kecamatan Langensari akan banyak beragam acara dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73. Pihaknya akan membuat Langensari ramai oleh kegiatan positif. Tentu dengan dukungan dari warganya.

Dia juga mengatakan, kegiatan pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT RI sudah dipersiapkannya sejak tiga minggu lalu. Kegiatan tersebut akan diikuti peserta dari berbagai elemen, mulai unsur pemerintahan, sekolah serta perwakilan Ormas, OKP dan masyarakat di Kecamatan Langensari.

“Seperti ketika perayaan HUT Kota Banjar di Langensari bulan Februari lalu, pawai alegoris kali ini juga akan mengambil star dari area Sport Center dan finish di panggung kehormatan Alun-alun Langensari. Walikota Banjar, Ibu Ade Uu, Insya Allah bakal hadir di sini,” kata Asno.

Dalam pawai alegoris nanti, lanjut Asno, para peserta akan menunjukkan berbagai atraksi dan hiburan. Acara helaran tersebut tentunya sudah dinantikan warga Kecamatan Langensari. Pihaknya pun berharap kegiatan ini nantinya bisa menjadi ajang pengembangan dan pelestarian budaya lokal Kota Banjar, khususnya di Kecamatan Langensari.

Asno menegaskan, pada prinsifnya gelaran pawai alegoris HUT RI yang digelar secara mandiri di Kecamatan Langensari tujuannya sama, yaitu untuk lebih memotivasi agar pembangunan lebih semangat dilakukan oleh warga.

Kegiatan akan diawali dengan Tahlilan bersama di Pendopo Langensari pada Kamis malam Jum’at (16/08/2018), keesokan harinya, yakni tanggal 17 Agustus, dilaksanakan upacara bendera dan dilanjut malamnya do’a bersama. Pada 18 Agustus acara pentas seni Ketoprak, lalu pentas seni dangdut pada malam Selasa (20/08/2018).

“Pembangunan wilayah Kecamatan Langensari mesti lebih kentara. Intinya, oleh kita bersama dibuat lebih hidup dan ramai daerah ini,” kata Asno.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari OKP, Eman Sulaeman, yang mengaku dirinya selaku ketua Forum Intelektual Muda Langensari, mengatakan, maju dan berkembangnya wilayah Kecamatan Langensari ini mesti ditopang oleh warganya sendiri.

“Maka dari beragam kegiatan HUT RI di Langensari ini, kami ambil bagian salah satunya sebagai pelaksana Diskusi Publik Pemuda dan Literasi Kebangsaan, digelar di Gedung Dakwah Islam Langensari, hari Jum’at, tanggal 17 Agustus 2018,” terangnya.

Menurut Eman, menjadi suatu hal yang tak berlebihan dan sudah selayaknya selaku warga Langensari, harus menjadi yang terdepan dalam ikut mendukung proses pembangunan daerahnya dan merasakan hasil pembangunannya.

“Sebagai warga setempat jangan hanya sebagai penonton saja, tapi harus tampil berinovatif,” tegasnya. (Nanks/Koran-HR)