Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranPesawat Tanpa Awak yang Diduga Milik TNI Jatuh di Batukaras Pangandaran

Pesawat Tanpa Awak yang Diduga Milik TNI Jatuh di Batukaras Pangandaran

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA), dilaporkan jatuh di dekat kolam tambak udang atau tepatnya di Dusun Sanghiangkalang RT 01/RW 01  Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (26/08/2018), sekitar pukul 10.15 WIB.

Sontak, adanya pesawat yang jatuh hingga berkeping-keping itu membuat warga sekitar kaget. Pasalnya, warga dikejutkan ketika mendengar suara benturan keras yang bendanya jatuh dari langit.

Menurut sumber HR Online di lingkungan TNI Kodim 0613 Ciamis, pesawat tanpa awak itu diterbangkan untuk melakukan uji terbang. Sumber itu mengatakan bahwa penyebab jatuhnya pesawat pengintai tersebut akibat terjadinya error pada sistem otomatis pesawat.

Namun, sumber itu tidak menyebutkan bahwa pesawat tanpa awak itu milik lembaga mana. Hanya saja, berdasarkan temuan di lapangan, pada kepingan pesawat bertuliskan TNI AD.

“Kemungkinan pesawat itu milik TNI. Karena pada kepingan badan pesawat terdapat tulisan TNI AD,” ujar Aep, warga sekitar, saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurut Aep, warga sekitar tidak ada yang mengetahui ketika pesawat itu terjatuh. Warga, kata dia, hanya mendengar suara benturan keras atau saat pesawat itu terjatuh. “Warga juga kaget ketika dilihat ke lokasi ternyata seperti badan pesawat. Tetapi ketika dicek tidak ada manusia yang menjadi korban. Warga baru mengetahui bahwa pesawat ini tanpa awak ketika unsur dari TNI berdatangan ke lokasi,” ujarnya.

Kepingan pesawat itu, lanjut Aep, sudah diamankan oleh petugas TNI dan anggota tim SAR. “Tadi sempat juga jadi tontonan warga sebelum kepingan pesawat itu dievakuasi,” pungkasnya. (Ntang/Ceng/R2/HR-Online)

- Advertisment -