PMII & HMI Banjar Gelar Aksi Solidaritas untuk Lombok

PMII & HMI Banjar saat menggelar aksi solidaritas untuk Lombok. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Banjar, melakukan penggalangan dana untuk korban gempa di Lombok. Aksi bakti sosial tersebut berlangsung di sekitar Alun-alun Banjar dan jalan pertigaan Parungsari, Selasa (07/08/2018).

Dari pantauan Koran HR, sejak pagi hari para mahasiswa tersebut menggalang dana di sekitaran Pasar Banjar, dilanjutkan ke kawasan Alun-alun Banjar. Sementara itu, mereka berpencar ke jalan Parungsari untuk melakukan hal yang sama, menggalang dana dari pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut.

Ketua PMII Kota Banjar, Sirojul Muntaha, mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan aksi serentak yang juga intruksi dari Pengurus Besar (PB) PMII, sebagai bentuk kepedulian terhadap korban gempa di Lombok yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Aksi ini digelar secara serentak di seluruh Cabang PMII yang ada Indonesia, termasuk di Kota Banjar juga melaksanakannya. Dengan bantuan sosial ini, semoga saja saudara kita yang sedang terkena musibah bisa terbantu,” kata Sirojul Muntaha.

Penggalangan dana yang digelarnya itu akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yakni Selasa-Rabu 07-08 Agustus 2018. Dengan melibatkan sebagian anggota PMII untuk menggalang dana, diharapkan donasi dari masyarakat Banjar maupun pengguna jalan bisa lebih banyak. Sehingga, bantuan yang dikirim untuk korban juga lebih membantu meringankan beban korban di Lombok.

“Hasil dari penggalangan dana ini nanti kita kirim ke PB PMII. Nanti dari PB langsung yang mengirimkan ke Lombok. Kami dari Banjar hanya bisa membantu ini dan semoga bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Lombok,” jelasnya.

Di lokasi berbeda, sejumlah aktivis dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Banjar, juga melakukan hal serupa yang berlangsung di perempatan Jalan Dewi Sartika sejak pagi. Mereka juga menggalang dana ke pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut.

Ketua HMI Cabang Kota Banjar, Joko Nurhidayat, mengatakan, aksi tersebut merupakan intruksi dari PB HMI sebagai bentuk solidaritas HMI ke korban gempa di Lombok. Aksi yang digelar sejak tanggal 6 Agustus 2018 tersebut akan berakhir pada Rabu, 08 Agustus 2018.

“Kami kader HMI yang mana konsen di semua ranah, termasuk yang berkaitan dengan kemanusiaan sudah tentunya tergerak untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” kata Joko, kepada Koran HR.

Dengan aksi solidaritas tersebut, pihaknya mengajak ke seluruh jajaran masyarakat Kota Banjar, seluruh pejabat, serta seluruh jajaran keamananan Kota Banjar, untuk ikut berpartisipasi membantu saudara-saudara di Lombok yang terkena bencana.

“Kita harap masyarakat Banjar bisa memberikan sedikit rizqinya untuk mereka yang membutuhkan. Mari kita ciptakan gotong-royong dan saling bahu-membahu untuk mereka yang saat ini sangat membutuhkan,” kata Joko. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA