PORSADIN Berkonsep Kemah Dakwah Cara FKDT Baregbeg Ciamis Bentuk Karakter Santri

Peserta perwakilan dari Desa Petirhilir, Kabupaten Ciamis, meraih juara umum dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) ke-5 tahun 2018. Photo: Dian SW/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) berkonsep Kemah Dakwah digelar Forum Komunikasi Diniah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketua pelaksana PORSADIN Kecamatan Baregbeg, Ustadz Maman, saat ditemui pekan lalu, mengatakan, acara yang berlangsung selama dua hari di lapangan sepak bola Desa Saguling itu bertujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang religius, andal, berkompeten dan berkepribadian luhur.

Dia menjelaskan, Kemah Dakwah merupakan salah satu kegiatan pengembangan bakat dan kretifitas santri Diniyah Takmiliyah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak santri yang bermartabat, dan berakhlakul karimah.

Adapun materi yang diperlombakan diantaranya, Tahfidz Qu’ran, Murotal, Tahril Qu’ran, pidato Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, lCC, Qasidah, Qiraatul Qutub, serta perlombaan jasmaninya sprint dan futsal.

“Ini adalah acara FKDT gelar yang kelima kalinya, selain untuk mengembangkan bakat juga sebagai ajang silaturahmi guru-guru diniah, santri dan para pengurus generasi Islami insan mulia,” jelasnya.

Lebih lanjut Maman mengatakan, FKDT merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan, serta pendidikan keagamaan di tengah-tengah santri Madrasah Diniyah.

Diniyah Takmiliyah juga merupakan lembaga pendidikan non formal yang secara spesifik menggali dan mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam, yang dapat meletakkan dasar-dasar keilmuan guna menciptakan insan yang beriman, bertaqwa serta berakhlakuk karimah.

Sementara itu, Kepala UPTD Kecamatan Baregbeg, Dedi Kusmana, yang hadir dalam acara tersebut, menyatakan bahwa, pihaknya sangat mendukung penuh acara yang dilaksanakan oleh FKDT.

“PORSADIN yang digelar ini kami harapkan bisa menjadi bagian dari silaturahmi antar Madrasah Diniyah, khususnya di Kecamatan Baregbeg, dan semoga dengan acara ini juga bisa membentuk karakter para peserta. Saya juga mengucapkan selamat kepada Desa Petirhilir sebagai juara umum dalam ajang PORSADIN ke-5 ini,” tukas Dedi. (DSW/R3/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA