Porsenitas Kunci Bersama, Kota Banjar Siap Jadi Tuan Rumah

Rakor persiapan Porsenitas yang diikuti Dispora bersama sejumlah intansi terkait, di aula pertemuan Sport Center Langensari, Kota Banjar, Kamis (26/07/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kota Banjar dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara event Pekan Olahraga dan Seni Regional Daerah Perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah atau Kunci Bersama (Porsenitas).

Untuk menghadapi event yang rencananya akan dipusatkan di kawasan Sport Center (SC) Langensari pada akhir bulan Oktober 2018 mendatang itu, Pemerintah Kota Banjar sudah menyiapkan diri dengan menetapkan anggaran dan membentuk tim panitia.

Hal itu terungkap saat Dinas Pendikan dan Olahraga (Dispora) bersama sejumlah dinas terkait lainnya melakukan rapat koordinasi persiapan, di ruang pertemuan Sport Center Langensari, Kamis (26/07/2018).

Sekretaris Dispora Kota Banjar selaku sekretariat event tersebut, Ajat Sudrajat, bersama Kabid Perencanaan, Penelitan dan Pengembangan Bapeda Kota Banjar, ditemui usai kegiatan, mengaku Kota Banjar siap menjadi tuan rumah Porsenitas yang dipusatkan di SC Langensari pada 22 sampai 26 Oktober 2018.

“Kami tadi bersama sejumlah dinas terkait lain sudah fix tetapkan jumlah anggarannya sekitar sebesar Rp 1,2 miliar untuk disampaikannya kepada Walikota, dan untuk diajukan ke legislatif dalam anggaran perubahan 2018, termasuk sekaligus dengan bentuk tim panitia guna suksesnya event bergilir itu,” ucap Ajat, kepada Koran HR.

Dia menjelaskan, nantinya dalam Porsenitas tersebut akan diikuti ribuan atlet, seniman dan pelaku UMKM dari potensi masing-masing daerah anggota Kunci Bersama, yaitu Kab. Kuningan, Kab. Ciamis, Kab. Cilacap, Kota Banjar, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Majalengka, Kab. Brebes, dan Kab. Pangandaran.

“Prinsip terselenggaranya Porsenitas itu bisa menjadi bagian upaya atau mendongkrak geliat pariwisata, perdagangan dan UMKM bagi wilayah Kota Banjar sendiri,” harapnya.

Sementara ditambahkan Kabid Olahraga Dispora Kota Banjar, Adeng Hendrawan, bahwa untuk kegiatan bidang olahraga hanya khusus diikuti atlet dari PNS. Ada 12 cabor dipertandingkan, diantaranya bola basket, bola volly, bulutangkis, biliar, catur, futsal, gerak jalan, sepakbola, senam aerobic, tenis lapangan dan tenis meja juga olahraga tradisional enggrang.

“Tak ketinggalan tentunya penampilan seni budaya, pameran produk pembangunan, produk perdagangan dan UMKM dari potensi daerah anggota Kunci Bersama. Yah nantinya pasti meriah dan akan jadi hiburan masyarakat setempat khususnya,” imbuhnya.

Inti gelaran ini, tandas dia, output sisi yang diambilnya adalah ajang silaturahimnya. “Juga barangkali bisa sharing produk ekonomi, dan yang paling penting saling menunjang pembangunan antar daerah perbatasan itu,” pungkasnya. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA