Relawan di Banjarsari Ciamis Bantu Orgil dalam Kondisi Terluka

Orang gila yang dibantu relawan saat menjalani perawatan di RSUD Ciamis akibat kakinya mengalami luka setelah tertabrak kendaraan. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Relawan yang dimotori para mahasiswa dan WMC NU di Banjarsari, membantu orang gila (orgil) yang sudah beberapa hari tergeletak di pinggir Jalan Raya Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, dalam kondisi terluka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online, orang gila tersebut mengalami luka patah tulang kaki setelah tertabrak kendaraan yang melintas di Jalan Raya Banjarsari-Pangandaran, beberapa waktu lalu.

Koordinator relawan, Muhamad Abid Buldani, mengatakan, pihaknya merasa tergugah dengan kondisi orang gila yang memprihatinkan. Dirinya mengetahui hal itu setelah ada pesan masuk melalui inbox pada akun Facebook milik pribadinya yang memberitahukan adanya orang gila terkapar di pinggir jalan.

“Kita langsung bergegas ke lokasi, dan ternyata benar adanya. Kita juga mencoba mencari tahu kondisi tersebut di lokasi, katanya orang gila itu sudah lebih satu hari tergolek dalam kesakitan. Karena kondisi itu, kami sepakat untuk membuatkan tempat berteduh, setidaknya dia (orgil) bisa terlindung dari teriknya matahari,” terangnya, kepada HR Online, Jum’at (10/08/2018).

Setelah membuatkan tempat berteduh, lanjut, Abid, pihaknya kemudian mencoba berkoordinasi dengan pengurus TKSK Kecamatan Banjarsari, Camat setempat, serta pihak Puskesmas Banjarsari.

“Alhamdulillah, semuanya merespon baik hingga akhirnya kami bisa mengevakuasi orang gila tersebut setelah memakan waktu hingga satu mingguan. Kita baru bisa merujuk ke RSUD Ciamis, setelah sebelumnya membereskan dulu administrasinya,” kata Abid.

Sejak dalam perawatan di RSUD Ciamis, pihaknya juga mencoba untuk berkomunikasi dengan orang gila tersebut. Menurut Abid, saat diajak berbicara ternyata orgil itu masih agak nyambung dalam komunikasi, dan dia mengaku bernama Samah asal Banyumas, Purwokerto.

“Dari keterangan itu, kami langsung menelusuri alamat dia melalui rekan relawan kami yang ada di Banyumas. Alhamdulillah, semua komunikasi lancar, dan saat ini kita telah menyerahkan Ibu Samah ini ke Pemerintah Daerah Banyumas, setelah menjalani perawatan pemulihan di RSUD Ciamis,” jelas Abid. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA