Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita BanjarSaat Patroli di Tamkot, Warga Berebut Foto Bareng Tim Siluman Polresta Banjar

Saat Patroli di Tamkot, Warga Berebut Foto Bareng Tim Siluman Polresta Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),Tim khusus Sigap, Luwes, dan Mantap (Siluman) yang dibentuk Polresta Banjar Polda Jawa Barat, kini bak layaknya “selebritis” saat menjalankan tugasnya. Style Tim Siluman yang mengenakan seragam hitam-hitam lengkap dengan rompi anti peluru, helm baja, dan bersenjata laras panjang itu ternyata memang menarik perhatian masyarakat.

Hal itu terlihat saat tim yang dibentuk Kapolresta Banjar, AKBP. Matrius, pada 3 Agustus 2018 lalu, sedang melakukan patroli di Taman Kota Lapang Bakti Banjar, Senin (13/08/2018) malam.

Sejumlah pengunjung di Taman Kota tak sungkan-sungkan meminta untuk foto bersama dengan anggota Tim Siluman yang dikenal tanpa kompromi dalam menumpas kejahatan.

“Saya dan teman-teman hanya minta foto bersama saja. Apalagi seragamnya cukup serem, yaitu setelan hitam-hitam sehingga auranya terlihat gagah dan sangar,” ujar Silfi (21), salah seorang warga yang tengah berkunjung ke Taman Kota.

Hal yang sama dikatakan Prayitno (39), warga Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Dia mengaku bangga karena di Kota Banjar pun ada tim khusus dari aparat kepolisian untuk menjaga dari gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Kota Depok punya Tim Jaguar, Bandung punya Tim Prabu, dan kini Kota Banjar punya Tim Siluman. Tentunya sebagai warga Banjar saya turut bangga atas terbentuknya Tim Siluman dari Polresta Banjar ini,” kata Prayitno, usai foto bersama.

Saeful (33), warga lainnya, berharap setelah adanya Tim Siluman dari Polresta Banjar, angka kriminalitas di Kota Banjar bisa menurun. Sehingga, masyarakatnya pun dapat hidup aman, nyaman, dan tertib.

Menanggapi respon masyarakat seperti itu, Kapolresta Banjar, AKBP. Matrius, mengatakan, wajar jika masyarakat ingin berfoto atau selfie bareng dengan anggota Tim Siluman. Karena, dengan banyaknya warga yang ingin berfoto, itu merupakan suatu bentuk kehormatan bagi Tim Siluman.

“Masyarakat minta berfoto atau selfie dengan Tim Siluman, ini adalah suatu kehormatan bagi kami, berarti polisi dekat dengan masyarakat,” katanya, saat ditemui usai usai melakukan patroli.

Lanjut AKBP. Matrius, dibentuknya Tim Siluman ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban Kota Banjar. Selain itu, juga untuk mencegah ulah gerombolan geng motor dan memburu pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), serta kejahatan jalanan lainnya yang memang meresahkan masyarakat.

Jika pelaku kejahatan melawan saat akan ditangkap, maka dirinya mengintruksikan  kepada anggota untuk tembak di tempat. Kapolresta Banjar juga mengatakan, bahwa tim khusus seperti ini di wilayah Hukum Polda Jawa Barat baru ada tiga, yakni di Kota Depok, Bandung, dan Kota Banjar.

“Tim Khusus dari kepolisian seperti ini di Jawa Barat baru ada tiga, yaitu Tim Jaguar dari Depok, Tim Prabu dari Bandung, dan Tim Siluman dari Kota Banjar,” terangnya.

Dirinya pun bersama Tim Siluman akan terus melakukan patroli selama 24 jam, hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Banjar. Tim Siluman dibagi menjadi tiga tim, dan setiap tim beranggotakan 8 personel. Dalam tugasnya, Tim Siluman ini selalu melakukan tindakan preventif. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kejahatan. (Hermanto/Koran-HR)