Satgas Yonif Raider 323 Berikan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan di Papua

Prajurit Raider 323 saat melakukan pemeriksaan kesehatan ke warga. Foto: Istimewa

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka menyambut Pekan ASI Sedunia (PAS), Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad melakukan kerjasama terpadu dengan Puskesmas Getentiri Distrik Jair, Kabupaten Bovendigoel dan Klinik Camp POP A PT. Tunas Sawa Erma (PT. TSE). Kerjasama dalam bentuk kegiatan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan gratis tersebut diperuntukkan ibu dan anak yang tinggal di Camp POP A PT. TSE, Kamis (02/08/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Olahraga Camp POP-A atau biasa disebut Camp 19 tersebut, diawali dengan pelaksanaan penyuluhan kesehatan terkait pentingnya pemberian ASI kepada anak di bawah usia 6 bulan.

“Masyarakat di sini perlu mengetahui betapa pentingnya memberikan ASI eksklusif kepada anaknya. Tentunya ini sangat baik untuk kesehatan,” kata dr. Rizki (29), salah satu dokter di klinik Camp 19.

Sementara itu, Sertu Rudianto, Bintara Kesehatan dari Tim Medis Pos KM 30 Satgas Yonif Raider 323 Kostrad, mengatakan, bahwa menyusui merupakan untuk menghargai kesehatan kepada anak sejak lahir. Maka dari itu, penyuluhan kesehatan dan mensosialisasikan pemberian ASI Eksklusif sangat penting demi meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memberikan ASI.

“Karena sangat pentingnya memberikan ASI kepada anak, maka kami di perbatasan Indonesia juga terus mengkampanyekan kepada ibu-ibu agar memberikan ASI Eksklusif,” katanya.

Di tempat yang sama, Maria Magdalena, mengatakan, dirinya ke lokasi pemeriksaan bersama putrinya yang masih berusia 3 bulan. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan yang diberikan petugas.

“Sejak anak saya lahir, saya sudah berikan ASI. Setelah adanya ini, maka saya semakin yakin bahwa ASI itu sangat baik untuk perkembangan anak-anak ke depannya,” pungkas Maria. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA