Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisSatu Lagi Korban Ledakan Kebakaran PT KBN Ciamis Meninggal Dunia

Satu Lagi Korban Ledakan Kebakaran PT KBN Ciamis Meninggal Dunia

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satu lagi korban ledakan pada peristiwa kebakaran tungku pembakaran mesin oven milik pabrik kayu PT KBN di Ciamis, yang terjadi pada Sabtu (21/07/2018) lalu, dilaporkan meninggal dunia. Korban bernama Arif, karyawan PT KBN, warga Dusun Bantarcaringan, Desa Ciharang Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis ini, meninggal pada Senin (13/08/2018), saat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Margono Banyumas Jawa Tengah.

Dengan begitu, sudah terdapat 2 dari 8 korban ledakan di PT KBN yang meninggal dunia. Keduanya meninggal saat menjalani tindakan dan perawatan medis di rumah sakit. Korban yang sebelumnya meninggal adalah Ilal Abdul Rosad (22). Ilal meninggal setelah mengalami luka bakar dengan kondisi 70 persen.

“Kondisi Ilal dan Arif saat dilakukan tindakan pertama di RSUD Ciamis, memang kondisi luka bakarnya cukup parah atau sudah 70 persen. Makanya Arif bersama Ilal dirujuk ke RS Margono Banyumas,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, kepada HR Online, Selasa (14/08/2018).

Namun, kata Ani, salah seorang petugas Satgas BPBD Ciamis bernama Erik, kondisi kesehatannya sudah dinyatakan membaik, meski sebelumnya mengalami luka bakar yang cukup parah. “Dari 8 korban korban ledakan yang diantaranya 6 karyawan PT KBN dan 2 petugas Satgas BPBD, 2 diantaranya meninggal dunia. Sementara 6 korban lainnya Alhamdulilah kondisinya sudah membaik dan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Saat ini tengah pemulihan sembari berobat jalan,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tangku pembakaran mesin oven (pemanas) kayu milik perusahaan perkayuan PT Korean Bussiness Network (KBN) di Dusun Sukasenang RT 02/RW 10 Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan meledak setelah sebelumnya terjadi kebakaran, Sabtu (21/07/2018) sekitar pukul 22.00 WIB.

Akibatnya, 8 orang dikabarkan mengalami luka bakar akibat terkena percikan api saat terjadi ledakan. Kedelepan korban itu diantaranya 6 karyawan PT KBN dan 2 orang petugas Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis. Seluruh korban kini tengah mendapat pertolongan medis di RSUD Ciamis.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BPBD Kabupaten Ciamis, sebelum terjadi ledakan, sempat terjadi kebakaran di ruangan oven kayu PT KBN sekitar pukul 20.00 WIB. Sumber api diduga dari tangku pembakaran mesin oven. Tak lama berselang, api berhasil dipadamkan oleh petugas damkar, pusdalops BPBD dan dibantu para karyawan.

Namun, setelah api yang yang berkobar berhasil dipadamkan, tampaknya masih ada titik api yang masih menyala pada cerobong pembakaran mesin oven. Petugas Damkar dan para karyawan pun terus berusaha memadamkan titik api tersebut. Selain itu, petugas dan para karyawan juga mengeluarkan material kayu yang mudah terbakar sembari melakukan pendinginan agar titik api pada cerobong bisa padam.

Namun naas, saat tengah upaya pendinginan itulah, tiba-tiba tangku pembakaran mesin oven tersebut meledak. Sementara enam karyawan dan dua petugas pusdalops BPBD yang tengah melakukan pendinginan serta membersihkan material dari mesin oven terkena percikan api dari ledakan. (Bgj/R2/HR-Online)

- Advertisment -